PEMANFAATAN GOOGLE SITES SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Teknologi merupakan hal yang paling utama pada pendidikan saat ini, tanpa adanya teknologi pendidikan akan terhambat dilaksanakan dikarenakan tidak adanya jejaring yang menghubungkan guru dengan siswa saat belajar. Seringkali siswa akan merasa bosan terhadap pembelajaran online saat ini, sehingga guru harus mampu dalam menciptakan kelas lebih menari lagi, salah satunya pembelajaran berbasis multimedia. Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan multimedia menggunakan Google Sites yang di design dan dikembangkan menjadi aplikasi berbasis android. Subjek penelitian yaitu kepada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian DnD (Design and Development) yang diintegrasikan dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini ada dua yaitu kevalidan, diperoleh melalui validasi oleh validator;kemudahan penggunaan aplikasi, diperoleh melalui respon siswa terhadap aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan dari aplikasi sudah layak dan kemudahan penggunaan aplikasi dari respon siswa sebesar 85,7 %.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Diartono & Dwi A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Semarang: Unisbank
Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis
Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis. FKIP e-Proceeding, 5(1). 59-59.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, 5(3).1.
Pratiwi, M. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book (Arpook) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013, 139–142.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.4374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License