ANALISIS PSIKOLOGIS KEBUTUHAN DASAR PESERTA DIDIK DI ERA PEMBELAJARAN DARING

Nur Oktavia Anggraeni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan psikologis kebutuhan dasar peserta didik ditinjau dari teori Abraham Maslow pada saat proses pelaksanaan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara terhadap peserta didik jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Cileunyi Kulon dan Kecamatan Jatinangor. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kebutuhan dasar peserta didik yang belum terpenuhi saat pembelajaran daring sehingga pembelajaran daring dapat dikatakan kurang efektif.

Kata Kunci : psikologi, kebutuhan dasar, dan pembelajaran daring.

Abstract

This study aims to determine the psychological state of the basic needs of students in terms of Abraham Maslow's theory during the process of implementing online learning. This type of research is a descriptive qualitative research with data collection techniques conducted through interviews with elementary school students in Cileunyi Kulon and Jatinangor districts. Analysis of the data used in this study are data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The results of the study indicate that there are still students' basic needs that have not been met during online learning so that online learning can be said to be less effective.

Keywords: psychology, basic needs, and  online learning.


Keywords


psikologi, kebutuhan dasar, dan pembelajaran daring.

References


Arriyani. (2021). “Kontradiksi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Di Lingkungan Sekolah Dan Keluarga Siswa.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Juwariyah. (2021). “Implementasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Muhajir. (2021). “Supervisi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Nitasari, N. (2021). “Strategi Guru dalam Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Merdeka Belajar.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Nugroho, W. (2021). “Problematika Pemenuhan Hak Belajar Anak Di Era Pandemi dari Sudut Pandang Guru, Siswa dan Orangtua.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Sartika, D. (2021). “Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Dilihat dari Sisi Perkembangan Psikologis Anak.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Yusuf, M. (2021). “Problematika Pembelajaran Daring.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.

Zukana, S. (2021). “Sinergi Pendidik Dan Wali Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Di Era Merdeka Belajar.†Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Ed. Adi Wijayanto, dkk. Akademia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License