PENGARUH CRONOTYPE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

ratna rustina, Asep Saepulloh, joni joni

Abstract


Manusia memiliki dua tipe chronotype (pola individu yang alamiah sebagai pilihan manusia untuk tidur dan bangun) yaitu tipe siang dan tipe malam. Secara singkat tipe siang menyatakan bahwa seseorang lebih memilih beraktifitas di siang hari sedangkan tipe malam lebih memilih beraktifitas di malam hari. Hal tersebut mempengaruhi performansi seseorang dalam berbagai kegiatan, tidak terkecuali dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan / observasi awal diketahui bahwa Siswa Sekolah Dasar hampir80% hidup dilingkungan pesantren (menjadi santri sekaligus Siswa Sekolah Dasar), permasalahan yang biasanya mereka hadapi adalah kesulitan dalam belajar dan mencerna materi kuliah, karena kegiatan mereka yang padat dengan sekumpulan aktifitas yang padat. Berdasarkan uraian sebelumnya, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh chronotype, pola belajar terhadap prestasi belajar Siswa Sekolah Dasar. Serta bagaimana cara mengatur pola waktu tidur yang ada, sehingga mengetahui belajar yang tepat berdasarkan tipe chronotype Siswa Sekolah Dasar (Tipe ini diketahui dengan Munich Chronotype Questionnaire/ MCTQ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelusuran literatur, metode observasi, metode wawancara dan metode kuesioner untuk menetahui tipe chronotype Siswa Sekolah Dasar. Adapun metode pengolahan dan analisis data menggunakan metode analisis data statistika. Hasil dari penelitian ini sebagian besar siswa memiliki Chronotype tipe pagi, dan pada umumnya siswa dengan Chronotype tipe pagi memiliki prestasi tinggi.


Keywords


Cronotype, Prestasi Belajar, Sekolah Dasar

References


Kuhnle, T.K(2006) : Quantitative Analysis of Human Chronotypes, Disertation, University Munchen, Germany.

Roger R. Rosa and Michael J. Colligan. (1997) : Plain Language About Shiftworkt, DHHS (NIOSH) Publication No. 97-145, Ohaio.

Roenneberg, T. Anna, W.J.dan Merrow, M. (2009) : Life between Clocks: Daily Temporal Patterns of Human Chronotypes, Journal of Biological Rhythms, Vol. 18 No. 1, pp 80-90, Munich, Germany

Tayyari, F. dan Smith, J. L. (1997): Human engineering; Industrial safety; Industrial hygiene, EdisiPertama, Chapman & Hall, London.

Widyanti, A. Mahachandra, M. dan Sutalaksana, I.Z. (2010) : Indonesian Chronotype: Comparison between Shift Worker and University Student, Institut Teknologi Bandung, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.6695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License