ANALISIS PROCEDURAL FLUENCY PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

Ziyan Fathinnisa Alghina, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis procedural fluency peserta didik ditinjau dari kecerdasan emosional tinggi dan rendah, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes, pengisian angket dan wawancara, instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes procedural fluency dan angket kecerdasan emosional. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIPA A MA Al-Ma’sum Malausma dengan pemilihan subjek yaitu memilih peserta didik yang memenuhi semua indikator procedural fluency, lalu diberi angket kecerdasan emosional dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman diperoleh hasil bahwa kedua subjek yaitu S-10 dan S-5 memenuhi ketiga indikator procedural fluency, Namun terdapat sedikit perbedaan yaitu pada indikator menerapkan prosedur secara tepat, subjek dengan kecerdasan emosional tinggi (S-10) hanya menandai informasi pada lembar soal tanpa menuliskannya pada lembar jawaban sedangkan subjek dengan kecerdasan emosional rendah (S-5) menuliskan informasi dan tujuan masalah pada lembar jawaban secara tersusun mulai dari apa saja yang diketahui dan ditanyakan. Pada saat wawancara, subjek dengan kecerdasan emosional tinggi (S-10) mampu menjelaskan langkah demi langkah hasil tes procedural fleuncy yang telah ia kerjakan dengan lancar menggunakan kalimat yang tersusun dan mudah dipahami, sedangkan subjek dengan kecerdasan emosional rendah (S-5) kurang komunikatif dalam menjelaskan kembali hasil pengerjaannya yang ditandai dengan kalimat yang diucapkan saat melaksanakan wawancara cukup singkat.

Keywords


Penelitian Kualitatif, Kecerdasan emosional, Procedural Fluency

References


Badjeber, R., & Mailili, W. H. (2018). Analiis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditijau dari Gaya Kognitif. JPPM , 41-54.

Damayanti, E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis dalam Menyelesaikan Soal Operasi bentuk Aljabar. Jurnal Untan.

Dewi, S. S. (2018). Kecerdasan Emosional dalam Tradisi Upa-Upa Tondi pada Etnis Mandailing. ANTHROPOS: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya , 79-85.

Firdaus, H. P. (2019, Maret 27). Kelancaran Procedural Matematis Mahasiswa dalam Menyelesakan Masalah Matematika. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV. Jember.

Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 576-580). Yogyakarta: jurnal.ustjogja.ac.id.

Lubis, S. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 237-258.

MacCann, C., Jiang, Y., Brown, L. E., Bucich, M., Double, K. S., & Minbahsian, A. (2020). Emotional Intelligence PredictsAcademic Performance: A Meta-Analysis. Psychological Bulletin, 150-186.

Pea, P. B., Bei, W. P., & Natal, Y. R. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Penjasorkes Siswa Kelas VIII SMPN 2 Batara. Jurnal Ilmiah Citra Bakti .

Pratidiana, D., & Muhayatun, N. (2021). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 189-201.

Solechan, & Zidan, Z. (2019). Pengembangan Kecerdasan Emosional di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. Jurnal Ilmuna, 43-64.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional. Surabaya: Scopindo Media Pustaka




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i1.8579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License