BIMBINGAN KOLABORATIF KELOMPOK KERJA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR

Djanglar Winatapura

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian hasil belajar.  Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Sumelap, SD Negeri Tamansari dan SD Negeri Ciangir, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya. Populasi penelitian adalah guru yang langsung menjadi sampel penelitian berjumlah 21 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dibagi menjadi dua siklus tindakan bimbingan kolaboratif dan setiap siklus terdiri dari satu materi pokok. Dalam penelitian ini digunakan dua instrumen untuk mengumpulkan data  yaitu tes prestasi dan observasi. Aktivitas guru  diamati selama pembimbingan di dalam kelas. Hasil observasi dianalisis sebagai bahan kajian pada kegiatan refleksi yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Refleksi menjadi masukan untuk perbaikan tindakan pembimbingan pada siklus pembimbingan berikutnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil penyusunan instrumen penilaian hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11.49% dan pada siklus II terjadi peningkatan kreativitas guru dari tidak aktif menjadi aktif  dan sangat aktif berturut-turut sebesar 40% dan 60%.

Kata Kunci : bimbingan kolaboratif, kelompok kerja guru, siklus bimbingan, instrumen penilaian, hasil belajar

Full Text:

PDF 105-110

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Reneka Cipta

Deka Setiawan, 2013. Prosiding Seminar Nasional Peranan Guru Profesional dan berkarakter dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Era Global.

Direktorat Pembinaan SMA, 2014. Model Penilaian Proses dan Hasil Belajar, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah.

Kagan, Olsen S, 1992. Cooperative Learning. San Juan Copistrano,CA : KCL

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum, PT. Remaja Rosdakarya, hal. 21.

Lundgren, Linda, 1994. Cooperative Learning in the Science Classroom, McGraw-Hill.

Soedijarto, 2004. Kurikulum, Sistem Evaluasi, dan Tenaga Guru sebagai Unsur Strategis dalam Penyelenggaraan Sistem Pengajaran Nasional, Jurnal Penabur, (3), hal. 104 – 106




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License