KEPUASAN MAHASISWA BERDASARKAN KINERJA DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN DI FKIP JURUSAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SILIWANGI

Linda Herawati, Depi Setialesmana

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui kepuasan mahasiswa berdasarkan kinerja dosen dalam proses perkuliahan di FKIP Jurusan Matematika Universitas Siliwangi. Ada beberapa tujuan penelitian ini. Pertama, mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa yang dipengaruhi oleh kinerja dosen dalam proses perkuliahan; Kedua, mengetahui kepuasan mahasiswa yang diakibatkan oleh kinerja dosen dalam proses perkuliahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dan peneliti mengambil mahasiswa semester ganjil untuk dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket yang diberikan kepada mahasiswa. Analisis data menggunakan korelasi untuk mengetahui pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Target penelitian yang ingin dicapai adalah publikasi ilmiah dalam jurnal yang memiliki ISSN atau jurnal nasional terakreditasi. Setelah melaksanakan penelitian, hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan antara kepuasan mahasiswa dilihat dari sisi tangible, reliability, assurance dan emphaty dengan kinerja dosen dalam proses perkuliahan. Sedangkan kepuasan mahasiswa dilihat dari sisi responsiveness tidak terdapat hubungan terhadap kinerja dosen dalam proses perkuliahan. Adapun hasil kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas terhadap kinerja dosen dari berbagai aspek dan faktor yang terdapat dalam proses perkuliahan.

Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Kinerja Dosen, Proses Perkuliahan.

Full Text:

PDF 131-136

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Deswindi, Leli. 2009. Pengukuran Tingkat Kepuasan Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran E-Learning pada Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda Mulia. Vol. 5. No. 1. 1 – 14.

Engel, James F., Blakwell, Roger D., Miniard, Paul W. 2003. Consumer Behavior. Holt,Rinchant and Winston Inc.

Kotler, P. 2002. Edisi Millennium (Terjemahan). Jakarta: Prenhallindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyoto, Agung Miftahudin. 2013. Mengukur Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Kinerja Dosen dalam Proses Perkuliahan di Universitas Muhamadiyah Purwokerto. Sainteks Volume XI No 2 Oktober 2014.

Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen & Pemasaran kontemporer. Yogyakarta: ANDI




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v2i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License