Strategi Pengembangan Ukm Sari Apel Brosem, Kota Batu, Jawa Timur Pasca Pandemi Covid-19

Rahmat Yanuar, Naila Izna Dzakia

Abstract


UKM Sari Apel Brosem merupakan usaha yang mengolah buah apel menjadi minuman sari buah yang bertempat di Kelurahan Sisir, Kota Batu. Pada akhir tahun 2019, Indonesia terkena dampak dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan perubahan lingkungan bisnis UKM Sari Apel Brosem. Perubahan yang dialami UKM Sari Apel Brosem terkait dengan penurunan omzet penjualan mencapai 47% setelah pandemi Covid-19. Selain itu, pesaing produk sejenis banyak bermunculan dan pemasaran UKM Sari Apel Brosem masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi UKM Sari Apel Brosem serta memformulasi strategi pengembangan UKM Sari Apel Brosem dalam menghadapi kondisi shock seperti Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian yakni matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSP. Matriks IFE dan EFE menunjukkan UKM Sari Apel Brosem memiliki posisi kuat dalam merespon lingkungan internal dan eksternal. Matriks IE dan SWOT menunjukkan posisi perusahaan pada tahap tumbuh dan dibangun yang menghasilkan enam alternatif strategi. Strategi utama yang dihasilkan melalui matriks QSP adalah mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi di bidang Digital Marketing.


Keywords


lingkungan eksternal, lingkungan internal, pandemi covid-19, sari buah apel, strategi usaha

Full Text:

PDF

References


[BPS]. Badan Pusat Statistik. 2020. Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara (Orang), 2018-2020. BPS (ID).

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2022. Jumlah Wisatawan Domestik di Kota Malang (Orang), 2020-2022. BPS (ID).

[Kemenparekraf] Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2017. Kajian Data Pasar Wisatawan Nusantara 2017. Jakarta (ID): Kemenparekraf.

[PPID Kota Batu] Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Batu. 2019. Varietas Buah Apel Kota Batu. Malang (ID): PPID Kota Batu.

Afrilia AM. 2018. Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum’ dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Skripsi. Universitas Tidar.

Aristriyana E, Kurnia Y. 2023. Implikasi Aspek Sumber Daya Manusia dan Teknologi dalam Peningkatan Pendapatan UKM Olahan Makanan di Kabupaten Ciamis. Jurnal Industri Galuh Vol. 1 Januari 2019. doi: https://doi.org/10.25157/jig.v1i1.2982

David FR. 2016. Manajemen Strategi : Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Puspasari N, Penerjemah: Mandasari D, editor. Jakarta (ID): Salemba Empat. Terjemahan dari Strategic Management. Ed ke-15.

Fadhilah DA, Pratiwi T. 2021. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol. XII No.1. Institut Manajemen Koperasi Indonesia.

Hakim AR. 2020. Perlindungan Konsumen Terhadap Peredaran Produk Makanan dan Minuman Tanpa Label. Jurnal Fakultas Hukum Universitas Tulungagung Vol. 6 No.1 Desember 2020. doi: https://doi.org/10.36563/yustitiabelen.v6i2.248

Ismail MK, Mawardi MK, Iqbal M. 2017. Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pengembangan Pariwisata Kota Batu Bagi Kawasan Sekitar. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No.1 Halaman: 2.

Marfuah, et al. 2023. Analisis Perilaku dan Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Produk Madu di Provinsi Jawa Tengah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agribisnis Vol. 16 No. 1 Juni 2023.

Mursid FP. 2021. Pengaruh Labelisasi Halal, Label Bpom Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro.Skripsi. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Napitupulu et al. 2010. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis dengan Teori Teori Para Ahli. Fanuell, B dan Praninta, editor. Jakarta (ID): Atalya Rileni Sudeco

Rapitasari. 2016. Digital Marketing Berbasis Aplikasi sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Cakrawala Vol. 10 No. 2 Desember 2016 : 107-11

Rosita R. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. Vol. 9 No.2. DOI : 10.34127/jrlab.v9i2.380.

Saifulloh M. 2021. Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas Vol.1 No.1 Juli 2021.

Susanti E, Nur Aidar. 2017. Dampak Pariwisata Terhadap Pendapatan Dan Manfaat Bagi Masyarakat Sekitar Wisata Alam Taman Rusaaceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM): Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah Vol. 2 No.1 Halaman: 94-104.

Susilowati D, et al. 2021 Peranan UMKM Agribisnis Komoditi Apel melalui Hilirisasi Pertanian dalam Pemulihan Perekonomian di Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian Agribisnis (JEPA) Vol. 5 No. 4 Halaman: 1262-1269.

Telagawathi, et al. 2022. Strategi Transformasi Digital UMKM Kerajinan Tangan pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gianyar, Bali. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 11 No. 2. Doi : https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734

Uzdah AH. 2019. Dampak Bencana Terhadap Kunjungan Wisatawan Nusantara di 33 Provinsi Indonesia Tahun 2013-2017. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Wahyuni LET. 2016. Pengaruh Pengolahan Terhadap Kadar Vitamin C Serta Kandungan dan Aktivitas Antioksidan Apel (Malus Sylvestris Mill) Varietas Rome Beauty [skripsi]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Yang J, Zheng Y, et al. (2020). Prevalence of comorbidities and its effects in coronavirus disease 2019 patients: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Infectious Diseases, 94(May), 91–95. doi : https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.03.017

Zaidan RJ. 2022. Strategi Bisnis Usaha Susu Mbok Sabar di Kota Malang. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i1.10072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id