Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Ninong Snack Dengan Menggunakan Metode Mix Marketing 7P

Wishnu Anggraeni

Abstract


Perkembangan dunia usaha di masa kini semakin meningkat dengan bukti banyaknya usaha yang menjual produk dengan jenis yang sama. Maka untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat perusahaan dituntut untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan agar usaha yang didirikannya dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran di UMKM Ninong Snack, strategi segmentasi, targeting, dan positioning di UMKM Ninong Snack, serta analisis Mix Marketing di UMKM Ninong Snack. Penelitian ini dilaksankan di UMKM Ninong Snack dengan menggunakan metode studi lapangan dan deskripstif kualitatif dengan mendeskripsikan sesuatu secara sistematis, dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari hasil wawancara, data observasi lapangan pada UMKM Ninong Snack, serta data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu atau studi kepustakaan lainnya. Hasil penelitian menujukkan faktor yang mempengaruhi pemasaran berupa faktor internal dan eksternal, strategi segmentasi meliputi 4 variabel demografi, geografi, psikografi, dan perilaku konsumen, targeting dengan pendekatan selective specialization, serta positioning dengan berdasarkan harga dan kualitas, dan mix marketing 7P pada UMKM Ninong Snack.

Keywords


UMKM, Mix Marketing, Segmentasi, Targeting, Positioning

Full Text:

PDF

References


Astuti, H., Wijaya, S., dan Agustina M. 2023. Implementasi Marketing Mix 7p Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. 11(1) : 1 – 14.

Ichwanda, Fitriyah I., Arifin Z., Yulianto, dan Edy. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Srudi Pada PT Petrokimia Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis. 24(1) : 1 – 10.

Khotimah, K. dan Jalari, M. 2021. Menguji Marketing Mix 7p Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharjo. Jurnal Manajemen. 7(1) : 81 – 94.

Laia, S., Dakhi, Y., dan Dakhi P. 2021. Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Volume Penjualan Di Ud.Lis Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 6(2) : 36 – 46.

Niari, M. S., S. N. Lubis, dan L. Fauzia. 2016. Analisis Value Added Pengolahan Jamur Tiram Menjadi Jamur Crispy DI Kota Medan. Journal on social economic of agriculture and agribusiness. 5(5).

Pitoy, C. V., Tumbel, A., dan Tielung, M. 2016. Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha Bisnis Document Solution (Studi Kasus Pada PT. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16(3) : 302 – 312.

Rambe, D. N. S. dan Nawawi Z. M. 2022. Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen. 1(2) : 90 – 95.

Setiyawan, A. N. 2023. Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Minat Beli Konsumen Di Dodolan Coffee Solo. Jurnal Rekayasa Proses dan Industri Terapan. 1(3) : 155 – 172.

Wibowo, Dimas H., Arifin Z., dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 29(1) : 60 – 65.

Widharta dan Sugiharto S. 2013. Penyusunan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2(1).

Widjaya, P.G. 2017. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning Dan Marketing Mix Pada Pt.Murni Jaya. Jurnal Agora. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v7i2.13914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id