Strategi Pemasaran Day Old Chicken (DOC) Ayam Kampung (Kasus pada Mitra Unggas Sonofera Farm, Bogor)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor - faktor internal dan eksternal usaha yang mempengaruhi pemasaran Day Old Chicken (DOC) ayam kampung dan menganalisis strategi prioritas pemasaran DOC ayam kampung berdasarkan analisis faktor-faktor internal dan eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan jumlah narasumber sebanyak 10 orang. Daerah penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Mitra Unggas Sonofera Farm. Alat analisis yang digunakan yaitu matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu, berdasarkan matriks IFE, Mitra Unggas Sonofera Farm memiliki 6 faktor internal yang merupakan kekuatan dan 2 faktor internal yang merupakan kelemahan perusahaan. Berdasarkan matriks EFE, Mitra Unggas Sonofera Farm memiliki 5 faktor eksternal untuk peluang dan 2 faktor ancaman perusahaan. Dan berdasarkan matriks QSPM, strategi prioritas pemasaran yang diperoleh untuk Mitra Unggas Sonofera Farm yaitu memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi untuk kegiatan pelayanan juga pemasaran guna menarik konsumen potensial dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki.
Keywords
Strategi Pemasaran, DOC ayam kampung, SWOT, QSPM
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i1.8464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View MyStat
Jurnal Agristan Office:
Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id