Hubungan antara Self-Directed Learning Readiness dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi

Hany Qisthina Syahira

Abstract


Penerapan e-learning membutuhkan kemandirian belajar siswa untuk mencapai keberhasilan belajar yang tinggi. Self-Directed Learning Readiness (SDLR) merupakan tingkat kemampuan, sikap, serta karakteristik pribadi seseorang dalam melakukan belajar mandiri. Hasil belajar kognitif adalah hasil belajar yang berhubungan dengan keterampilan intelektual siswa. SDLR diduga memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan dari 28 Februari hingga 23 Maret 2022 di SMA Negeri 6 Bogor. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel berjumlah 149 orang responden yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. SDLR siswa diukur dengan menggunakan Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) dan hasil belajar kognitif siswa ditentukan berdasarkan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan penentuan koefisien korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,588 dengan model regresi Ŷ = 23,407 + 0,776X. SDLR memberikan kontribusi sebesar 34,6% terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran Biologi.


Keywords


Biologi; Hasil Belajar Kognitif; Self-Directed Learning Readiness

References


Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Albarado, A. P., & Eminita, V. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Mts Khazanah Kebajikan. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.167-174

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi BIOLOKUS, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Djamahar, R., Ristanto, R. H., Sartono, N., & Darmawan, E. (2020). Approaches to Respiratory and Excretion Systems Teaching: An Innovative Learning through Cirsa. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2204–2210. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080602

Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 581–588. https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/12978

Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of a Self-Directed Learning Readiness Scale for Nursing Education. Nurse Education Today, 21(7), 516–525. https://doi.org/10.1054/nedt.2001.0589

Heo, J. C., & Han, S. (2018). Effects of Motivation, Academic Stress and Age in Predicting Self-Directed Learning Readiness (SDLR): Focused on Online College Students. Education and Information Technologies, 23(1), 61–71. https://doi.org/10.1007/s10639-017-9585-2

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Jaleel, S., & O.M., A. (2017). A Study on the Relationship between Self Directed Learning and Achievement in Information Technology of Students at Secondary Level. Universal Journal of Educational Research, 5(10), 1849–1852. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.051024

Kan’an, A., & Osman, K. (2015). The Relationship between Self-Directed Learning Skills and Science Achievement among Qatari Students. Creative Education, 06(08), 790–797. https://doi.org/10.4236/ce.2015.68082

Koç, S. E. (2019). The Relationship between Emotional Intelligence, Self-Directed Learning Readiness and Achievement. International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), 2019(3), 672–688. http://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/568

Kresnayana, M. Y., & Sundari, S. (2020). Apakah E-Learning Dapat Meningkatkan Kompetensi Kognitif Siswa Keperawatan?: Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1), 239–252. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i1.457

Lestari, N. A., Hasanah, U., & Alibasjah, R. W. (2019). The Effect of Self-Directed Learning Readiness (SDLR) and Learning Approach toward Medical Student Achievement. International Conference on Applied Science and Health, 4, 228–231. https://publications.inschool.id/index.php/icash/article/view/640

Loeng, S. (2020). Self-Directed Learning: A Core Concept in Adult Education. In Education Research International (Vol. 2020). Hindawi Limited. https://doi.org/10.1155/2020/3816132

Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.31476

Miarsyah, M., Putrawan, I. M., & Hermadianti, D. (2016). Hubungan antara Ketekunan (Persistence) dengan Hasil Belajar Biologi: Studi Korelasional terhadap Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 102 Jakarta. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 29–36. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.5

Miswari. (2017). Mengelola Self Efficacy, Perasaan, dan Emosi dalam Pembelajaran melalui Manajemen Diri. Jurnal Cendekia, 15(1), 67–82. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.910

Pratiwi, A. E., Martini, K. S., & Ariani, S. R. . (2013). Hubungan antara Kemampuan Memori dan Keingintahuan Siswa dengan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Koloid Kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Pati Tahun Ajaran 2011/2012. 2(2), 117–124. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1890

Putri, F. K. E., Azrai, E. P., & Suryanda, A. (2020). Independent Learning from Home Based on Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/jpb.v11i1.24201

Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. (2021). Readiness for Online Learning during COVID-19 Pandemic: A Survey of Pakistani LIS students. Journal of Academic Librarianship, 47(3), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346

Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). External Factors, Internal Factors and Self-Directed Learning Readiness. Journal of Education and E-Learning Research, 5(1), 37–42. https://doi.org/10.20448/journal.509.2018.51.37.42

Rosmida, & Suharyono. (2017). External Factors, Internal Factors, and Self-Directed Learning Readiness. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 10(2), 1–7. http://jurnal.pcr.ac.id

Rusdi, Dian, E., Khaerunnisa, D., & Praharsih. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip dan Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15–19. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.23704

Saichaie, K. (2020). Blended, Flipped, and Hybrid Learning: Definitions, Developments, and Directions. New Directions for Teaching and Learning, 2020(164), 95–104. https://doi.org/10.1002/tl.20428

Saputra, Y. N. (2021). Self-Directed Learning Readiness Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Kurios, 7(1), 164–177. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.183

Seesy, N. El, Sofar, S. M., Ali, J., & Al-Battawi, I. (2017). Self-Directed Learning Readiness among Nursing Students at King Abdulaziz University, Saudi Arabia. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS), 6(6), 14–24. https://doi.org/10.9790/1959-0606031424

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Melisa, L. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar Bagi Siswa Dalam Menghadapi Penilaian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Biologi. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 41–47. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2049

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., Rodiyah, S. K., Surabaya, S. G., Sarjana, P., Sunan, U., & Surabaya, G. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Triastuti, N. J. (2016). The Relationship of Self-Directed Learning Readiness and Learning Motivation Towards Learning Achievement of First Year Medical Students. http://hdl.handle.net/11617/7461

Wibisono, B. T., Rusdi, R., & Komala, R. (2022). Increasing Student’s Self-Regulation in Excretory System Learning: A Development of Through Moodle. 15(1), 97–109. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.23704

Widyati, F. N., & Irawati, H. (2021). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity dan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Materi Sistem Ekskresi pada Manusia. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 126. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50084

Yao, J. J. (2021). The significance of self-directed learning readiness, academic self-efficacy, and problem-solving ability among filipino nursing students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(10), 83–94. https://doi.org/10.26803/IJLTER.20.10.5




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i2.10080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING