Implementasi E-Book Berbasis Hots Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Literasi Digital dan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah

Gede Ngurah Saputra

Abstract


Kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun, proses pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh guru dan peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan tersebut adalah dengan mengimplementasikan E-book berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi E-book berbasis HOTS pengaruhnya terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai literasi digital dan soal pretest posttest untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi. Perangkat telah divalidasi ahli oleh pakar dan validasi empirik di kelas lain diluar kelas perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan E-book berbasis HOTS terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi hal ini dibuktikan diperoleh nilai perhitungan untuk uji hipotesis adalah 0,00 < 0,05. Hasil kemampuan literasi digital di kelas eksperimen memperoleh rerata nilai 74% kategori baik dan kelas kontrol memperoleh rerata nilai 52% kategori kurang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen memperoleh nilai 0,67 kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,06 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengimplementasikan E-book berbasis HOTS berpengaruh positif terhadap keterampilan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

 

Kata kunci:  E-book berbasis HOTS; Literasi digital; Berpikir tingkat tinggi;


References


Andersom, L. W., dan Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning, Teaching, and Assesing ; A revision of bloom taxonomy of education objektives. New York : Addison Wesley Lonman inc

Brookhart, M. Susan . (2010). How to Assess Higher-order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia (USA) : Alexandaria

Gilster, P. (1997), Digital literacy. New York: Wiley Computer Publications

Hasliyah, S,. ((2020). Analisis Kompetensi Literasi Digital Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah URL : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59064

Helmawati. (2019). Penilaian dan Pembelajaran Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Herlanti, Y. (2015). Kesadaran Metakognitif Dan Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dalam Mempersiapkan Ketercapaian Standar Kelulusan Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3). doi:https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7343

Irwansyah, M., Ferawati, F., & Suryani, E. (2019). Pengembangan Lks Biologi Berbasis Pendidikan Abad 21 Terintegrasi Kearifan Lokal Mbojo Pada Siswa SMA. Jurnal Biotek, 7(2), 11-121. https://doi.org/10.24252/jb.v7i2.10904

Kwartolo.Yuli. (2010). Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan penabur No 14, tahun ke-9.

Lestari, R., Adi, E., & Soepriyanto, Y. (2018). E-BOOK INTERAKTIF. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 71-76. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529/2184

Lie, A. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.Jakarta :kanisius.

Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia. Jurnal Warta. ISSN: 1829-7463. DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389

Ma’sum Ashari, & Nuny Sulistiany Idris. (2020). Kemampuan Literasi Digital Generasi Digital Native. Seminar Internasional Riksa Bahasa. Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view

Purbaningrum, K, A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal JPPM. Vol. 10. No.2 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2029/1571

Rosida, Fadiawati, N, Jalmo, T. (2017). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 5, No 1. ISSN Online 2302-0105 print 2684-9828 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11886/8487

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200-1214. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Suharsimi, A. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Akasara, h.186.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Y, E,. Sudjimat, D, A,. Nyoto, A,. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X. 263-278

Zaenudin, H., Affandi, A., Priandono, T., & Haryanegara, M. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2). doi:https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727

Prabowo, C. A., Dwiastuti, S., & Triyanto, S. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Game Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 266–276. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3948

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING