Persepsi Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Daring Serta Interelasi Antara Self Efficacy Dengan Penguasaan Konsep Siswa

Vivi Kurnia Sari, Dewi Lengkana, Berti Yolida

Abstract


Adanya peralihan proses kegiatan belajar mengajar dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring tentu memberikan perubahan yang cukup signifikan. Pembelajaran daring menuntut siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran karena guru tidak bisa mengawasi proses belajar mereka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa, self-efficacy, penguasaan konsep, serta interelasi antara self-efficacy dengan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA pada pembelajaran daring. Desain yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri atas 3 guru biologi dan 118 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Seputih Surabaya yang dicuplik dari populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni semester genap tahun 2021. Data kuantitatif berupa penguasaan konsep siswa kelas X materi perubahan lingkungan diperoleh menggunakan soal, sedangkan data kualitatif berupa persepsi guru, persepsi siswa, dan self-efficacy siswa menggunakan angket dalam bentuk google form. Data persepsi, self-efficacy dan penguasaan konsep dianalisis deskriptif, sedangkan interelasi self-efficacy dengan penguasaan konsep dianalisis inferensial dengan Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru berkategori baik (67,28%). Persepsi siswa berkategori baik (69,71%). Self-efficacy siswa berkategori tinggi (67,87%). Penguasaan konsep berkategori tinggi (39%). Terdapat hubungan yang positif antara self-efficacy dengan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Seputih Surabaya dengan derajat hubungan yang rendah.

Keywords


Persepsi Guru; Persepsi Siswa; Self-Efficacy; dan Penguasaan Konsep.

References


Amalia, R., Kresnadi, H., dan Pranata, R. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar Negeri 06 dan 08 Kecamatan Pontianak Utara. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i2.45292

Amelia, Y., dan Darussyamsu, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online. Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi. 6 (2). 86-93. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6980

Aminoto, T., & Pathoni, H. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Usaha Dan Energi Di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. https://doi.org/10.1051/matecconf/20152805003

Anderson, L.W. & Krathowhl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aprisal & Arifin, S., 2020. Kemampuan Penalaran Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 8 No. 1. P-ISSN: 2303-3983, E-ISSN: 2548-3994. Hlm 31-40. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.945

Arsanti, T.A. 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy dan Kinerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 16, No. 2, Hal. 97-110, ISSN 1412-3126. https://www.neliti.com/id/publications/24262/hubungan-antara-penetapan-tujuan-self-efficacy-dan-kinerja

Asih, B.B. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDMU Ahmad Dahlan Braja Selebah. Jurnal As-Salam I. Vol. IX No. 2, Th. 2020. P-ISSN: 2089-6638, E-ISSN: 2461-0232. Hal. 241-256. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.178

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychol. Rev.84, 191-215

Butarbutar, F. T. S., & Haryanto, Y. (2017). Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1). 9-18. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.13

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dwiyanti, R. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mts Kota Bengkulu. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN, Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7050

Hardianto, G., Erlamsyah & Nurfarhanah. (2016). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Konselor, 3(1). 22-27. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00

Hasmatang. (2018). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI: Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0. 296-298. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hastuti, S. (2021). Persepsi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Sosial Distancing (Wabah Covid-19). (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UM, Jakarta. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5033

Ibda, H & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1). 12-22. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451

Ishtifa, H. 2011. Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Akademis Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. Skripsi, (online). Diakses pada 24 Maret 2021; pukul 11.47 WIB. 90 hlm. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1790

Komarudin., dan Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 26(2). 56-66. https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589

Leavitt, H. J., & Zarkasi, M. (1992). Psikologi Manajemen: Sebuah Pengantar Bagi Individu, dan Kelompok di dalam Organisasi. Erlangga: Jakarta.

Majidah, Hairida, dan Erlina. (2012). Korelasi Antara Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal. (Online). 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3319

Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Online. Vol. 4. 106-122. https://doi.org/10.19105/tjpi.v4i1.247

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume 1): Excellence and Equality in Education. Paris: OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en

Britner, S. L., & Pajares, F. (2006). Sources of Science Self-Efficacy Beliefs of Middle School Students. Journal of Research in Science Teaching, 43(5), 485–499. https://doi.org/10.1002/tea.20131

Pratama, Y. M. P., dkk. 2018. Korelasi Persepsi Dan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa. Jurnal Phenomenon, Vol. 08 (No. 1), pp. 57-67. ISSN: 2088-7868, e-ISSN 2502–5708. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183

Purwanto, A., et al,. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rachmawati, Y.E. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1 (2012). Hlm. 1-25. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/40

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Prabowo, C. A., Dwiastuti, S., & Triyanto, S. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Game Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 266–276. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3948

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Tarmiji., Basyah, M. N., Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 4(1). 41-48. https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kewarganegaraan/article/view/372#:~:text=Hasil%20penelitian%20ini%20menunjukkan%20bahwa,dan%20sikap%20guru%20terhadap%20siswa.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING