Persepsi Guru dan Siswa Pada Pembelajaran Daring Serta Interelasi Antara Self Efficacy Dengan Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
Keywords
References
Amalia, R., Kresnadi, H., dan Pranata, R. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar Negeri 06 dan 08 Kecamatan Pontianak Utara. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak. 1-8. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i2.45292
Amelia, Y., dan Darussyamsu, R. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online. Mata Pelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi. 6 (2). 86-93. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6980
Aminoto, T., & Pathoni, H. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Usaha Dan Energi Di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. https://doi.org/10.1051/matecconf/20152805003
Anderson, L.W. & Krathowhl, D.R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aprisal & Arifin, S., 2020. Kemampuan Penalaran Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 8 No. 1. P-ISSN: 2303-3983, E-ISSN: 2548-3994. Hlm 31-40. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.945
Arsanti, T.A. 2009. Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy dan Kinerja. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Vol. 16, No. 2, Hal. 97-110, ISSN 1412-3126. https://www.neliti.com/id/publications/24262/hubungan-antara-penetapan-tujuan-self-efficacy-dan-kinerja
Asih, B.B. 2020. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDMU Ahmad Dahlan Braja Selebah. Jurnal As-Salam I. Vol. IX No. 2, Th. 2020. P-ISSN: 2089-6638, E-ISSN: 2461-0232. Hal. 241-256. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.178
Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychol. Rev.84, 191-215
Butarbutar, F. T. S., & Haryanto, Y. (2017). Kajian Signifikansi Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning Pada Siswa SMK Global Informatika Tangerang. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1). 9-18. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.13
Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dwiyanti, R. (2021). Persepsi Guru Dan Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mts Kota Bengkulu. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Tadris Bahasa Indonesia IAIN, Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7050
Hardianto, G., Erlamsyah & Nurfarhanah. (2016). Hubungan Antara Self-efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Konselor, 3(1). 22-27. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00
Hasmatang. (2018). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI: Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0. 296-298. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Hastuti, S. (2021). Persepsi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Masa Sosial Distancing (Wabah Covid-19). (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UM, Jakarta. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/5033
Ibda, H & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1). 12-22. https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451
Ishtifa, H. 2011. Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Akademis Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. Skripsi, (online). Diakses pada 24 Maret 2021; pukul 11.47 WIB. 90 hlm. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1790
Komarudin., dan Prabowo, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 26(2). 56-66. https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34589
Leavitt, H. J., & Zarkasi, M. (1992). Psikologi Manajemen: Sebuah Pengantar Bagi Individu, dan Kelompok di dalam Organisasi. Erlangga: Jakarta.
Majidah, Hairida, dan Erlina. (2012). Korelasi Antara Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal. (Online). 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3319
Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Online. Vol. 4. 106-122. https://doi.org/10.19105/tjpi.v4i1.247
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume 1): Excellence and Equality in Education. Paris: OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en
Britner, S. L., & Pajares, F. (2006). Sources of Science Self-Efficacy Beliefs of Middle School Students. Journal of Research in Science Teaching, 43(5), 485–499. https://doi.org/10.1002/tea.20131
Pratama, Y. M. P., dkk. 2018. Korelasi Persepsi Dan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa. Jurnal Phenomenon, Vol. 08 (No. 1), pp. 57-67. ISSN: 2088-7868, e-ISSN 2502–5708. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183
Purwanto, A., et al,. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Rachmawati, Y.E. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Awal Dan Tingkat Akhir Di Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1 (2012). Hlm. 1-25. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/40
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Prabowo, C. A., Dwiastuti, S., & Triyanto, S. A. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Game Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 266–276. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3948
Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792
Tarmiji., Basyah, M. N., Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi Pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 4(1). 41-48. https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kewarganegaraan/article/view/372#:~:text=Hasil%20penelitian%20ini%20menunjukkan%20bahwa,dan%20sikap%20guru%20terhadap%20siswa.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10086
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by