Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk Siswa SMP Kelas VII

Rizki Utami, Laili Fitri Yeni, Anisyah Yuniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya di SMP Negeri 16 Pontianak. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  (Research  and  Development). Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Mei sampai 7 November 2022. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki tiga tahapan yaitu Analisis (analysis), Perancangan (design), dan Pengembangan (development). Instrumen dan pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis metode skala dengan modifikasi skala Likert yang dilanjutkan dengan analisis Aiken V. Dari hasil penilaian terhadap multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya yang telah dikembangkan dinilai sangat valid dengan skor keseluruhan aspek rata-rata sebesar 0,97 dengan kategori sangat layak, penilaian tiap-tiap aspek yaitu aspek pembelajaran sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak, penilaian pada aspek tampilan sebesar 0,98 degan kategori sangat layak, dan penilaian pada aspek isi sebesar 0,96 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan  skor  yang  diperoleh,  dapat  disimpulkan  bahwa produk multimedia interaktif berbasis Prezi pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungan dikategorikan sangat valid sehingga layak untuk digunakan sebagai desain media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pendidikan biologi.


Keywords


Media Pembelajaran; Prezi; Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan; R&D

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Basuki, I., Hariyanto, H., & Muliawati, N. N. (2017). Asesmen

Pembelajaran (4th ed.). Remaja Rosdakarya.

Farach, N., Rahman, T., & Siahaan, P. (2022). Development of Interactive e-Learning Media on Environmental Pollution using Prezi. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 554–568. https://doi.org/10.23960/JPMIPA/V23I2.PP554-568

Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing Learning Media Using Online Prezi into Materials about Optical Equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317. https://doi.org/10.15294/JPII.V6I2.10102

Huda, C. N., Maftuhah, Y., & Syamsiah, S. (2021). Penggunaan Media Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Educatif : Journal of Education Research, 4(1), 44–53. https://doi.org/ttps://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1571

Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi Prezi Pada Materi Konsep Mol Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16488

Kirkwood, A., & Price, L. (2014). Technology-enhanced learning and teaching in higher education: what is “enhanced†and how do we know? A critical literature review. Learning, Media and Technology, 39(1), 6–36. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.770404

Kurt, S. (2019). An Introduction to the Addie Model: Instructional Design: The Addie Approach. INDEPENDENTLY PUBLISHED. https://books.google.co.id/books?id=GXDbwQEACAAJ

Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Perwita, R. (2020). Pemanfaatan Media Informasi Teknologi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.31869/IP.V7I2.2309

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rodhi, M. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.24256//8083

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (11th ed.). Sinar Baru Algensido.

Sutraningsi, S., Mustami, M. K., Jamilah, J., & Damayanti, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Bio pada Materi Sistem Pencernaan. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 291–304. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3308

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tias, D. M., & Pathoni, H. (2019). Desain Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Prezi Berbasis Scientific Materi Tata Surya Kelas VIII. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 69–78. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i01.4523

Triyanto, S. A., Wahidin, W., Hartania, N., Solihat, A., & Sutrisno, S. (2022). Blended-problem based learning with integrated social media-based learning media in improving students’ critical thinking skills. Biosfer, 15(2), 242–254. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25792

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/ELINVO.V1I2.10621

Widianto, E., Anisnai’l Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., Aura, S., & Cahyani, I. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/JETE.V2I2.11707

Yarsih, J. J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Prezi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMKN 2 Kota Bengkulu [Skripsi]. Institut Agama Islam (IAIN) Bengkulu.

Yogica, R., Armen, A., Fuadiyah, S., & Juwita, E. R. (2019). The Validity of Learning Media Using Prezi Application Equipped with a Guidebook on Biodiversity Material for Students of Class X SMA. ATRIUM PENDIDIKAN BIOLOGI, 4(3), 18–24. https://doi.org/10.24036/APB.V4I3.6306




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING