Profil Literasi Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Wajo Berdasarkan Perbedaan Tempat Tinggal

Ahmad Yani

Abstract


Rendahnya ketidakpedulian manusia berdampak pada tingkat pencemaran lingkungan di danau Tempe.  Berdasarkan pencemaran lingkungan yang terjadi di danau Tempe diperlukan pengetahuan, sikap, dan perilaku literasi lingkungan pada siswa. Peran serta dari siswa yang bermukim di sekitar danau Tempe diharapkan mampu menjaga dan melestarikan lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui tingkat profil literasi lingkungan berdasarkan perbedaan tempat tinggal yang bermukim di daerah danau Tempe dan yang berada di daerah perkotaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil literasi lingkungan berdasarkan perbedaan tempat tinggal siswa.  penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA IT SMA Negeri 3 Wajo. Sampel penelitian ini menggunakan 30 siswa. Siswa yang tinggal di daerah perkotaan berjumlah 16 siswa dan yang tinggal di daerah sekitar danua Tempe berjumlah 14 siswa. Teknik sampling penelitian ini menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini berupa lembar pretes-postest literasi lingkungan.  Berdasarkan  hasil analisis, hasil nilai pretest  literasi lingkungan  siswa yang tinggal  di daerah perkotaan memperoleh nilai 44 termasuk kategori sangat kurang dan postest 84 termasuk kategori cukup baik. Sedangkan  siswa yang tinggal di daerah  sekitar danau Tempe memperoleh nilai pretest  61 termasuk kategori cukup baik dan posttest memperoleh nilai 93 termasuk kategori sangat baik.  Berdasarkan indikator profil literasi lingkungan termasuk kategori cukup baik.   Profil literasi lingkungan siswa terdapat perbedaan yang tinggal di daerah perkotaan dan yang tinggal di daerah sekitar danau Tempe. Hasil nilai literasi lingkungan yang tinggal di daerah danau Tempe sangat baik dan yang tinggal di daerah perkotaan nilai literasi lingkungan cukup baik

Keywords


Literasi Lingkungan

References


Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. (2007). Analisis Buku Ajar Sains Berdasarkan Literasi Ilmiah sebagai Dasar untuk Memilih Buku Ajar Sains. Makalah di Seminarkan di Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Afrianda, R., Yolida, B., & Marpaung, R. R. (2019). Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, 7(1), Hal. 32-42.

Aziz, H. A. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Bradley, J.C., Waliczek, T.M., and Zajicek, C.M. (1997). Relationship Between Environmental Knowledge and Environmental Attitude of High School Students. The Journal of Environmental Education, 30(3), 17-21.

Febriasari, L.K & Supriatna, N. (2017). Enhance Environmental Literacy Through Problem Based Learning Enhance Environmental Literacy Through Problem Based Learning. Journal International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE).

Hafrijal Syandri N, Manurung H, Harahap TN, Retnowati I, Rachmiati S, Azrita. WCR. (2014). Gerak Penyelamatan Danau Tempe. Published Online.

Handayani, A. (2013). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pen- dekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SD N Keputran “Aâ€. Yogyakarta: UNY

Haristy, D. R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(12), 1-13.

Hollweg, K.S., Taylor, J.R., Bybee, R.W., Marcinkowski, T.J., McBeth, W.C., and Zoido, P. (2011). Developing a Framework for Assessing Environmental Literacy. Washington, DC: North American Association for Environmental Education.

Husamah, H., Miharja, F. J., & Hidayati, D. A. (2020). Environmental Literacy of Islamic Boarding School Students: Study in MA Bilingual-Sidoarjo, East Java, Indonesia. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 57-68

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Vol 1 (2): 57-64.

(NAAEE) by the North American Association for Environmental Education (2011). Washington, USA http://www.naaee.net/. Oest. S.J.

Nurwidodo, Romdaniyah SW, Sudarmanto, Rosanti D, Kurniawati, Abidin Z (2021). Analisis Profil Berpikir Kritis, Kreatif, Keterampilan, Kolaboratif, dan Literasi Lingkungan Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah Sebagai Impak Pembelajaran Modern. Biosci J Ilm Biol. 9(2):605–619.

Ozsoy, S., Hamide, E., & Necdet, S. (2012). Can Eco Schools Improve Elementary School Students’s Environmental Literacy Level Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 13(2), 1-25.

Pratiwi, R.D., Rusdi, & Komala, R. (2019). The Effects of Personality and Intention to act Toward Responsible Environmental Behavior. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 169–176.

Rahmah, Siti, dkk. (2019). Analisis Buku Ajar IPA Kelas VII Berdasarkan pada Literasi Lingkungan. Journal Pillar of Physics Education Vol 12. No 3 (601-608).

Santoso R, Roshayanti F, Siswanto J. Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMP (2021). JPPS (Jurnal Penelit Pendidik Sains). 10(2):1976–1982.

Siddiq MN, Supriatno B (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Literasi Lingkungan Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan (The Effect of Problem Based Learning Application Towards Junior High School Students ’ Environmental Literacy on Environmental Pollution Material ). 2020;3(1):18–24.

Subhan, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pertanian Padi di Cirebon untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa SMP. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Statistik, B. P. (2018). Environment Indifferent Behaviour Index Report of Indonesia. BPS-Statistics Indonesia, ISBN: 978.

Wasis. (2013). Merenungkan Kembali Hasil Pembelajaran Sains. Makalah diSeminarkan di Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, Bali: UNDIKSHA. Journal Undiksha.ac.id/index.php/ semnasmipa/article/view/2671/2255

Zulfa V, Max M, Hukum I, Ilyas I (2015). Isu-Isu Kritis Lingkungan Dan Perspektif Global. J Green Growth Dan Manaj Lingkung. 2015;5(1):29–40. doi:10.21009/jgg.051.03.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING