Uji Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP

Yudiningsih Yudiningsih, Adnan Adnan, Muhiddin Palennari

Abstract


Video pembelajaran berbasis kontekstual dikembangkan untuk menghasilkan bahan ajar  yang bersifat valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE atau model dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian terdiri atas (1) data kevalidan melalui penilaian validator ahli menggunakan instrumen angket validasi, (2) data kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan video pembelajaran menggunakan angket observasi keterlaksanaan dan menggunakan angket respon guru dan peserta didik, (3) data keefektifan diperoleh melalui angket motivasi dan kemandirian. Guru IPA dan Peserta didik Kelas VIII SMPN 15 Makassar sebgai subjek penelitian untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran kontekstual. Hasil analisis data validitas produk penelitian diperoleh 4.7 (sangat valid), hasil analisis kepraktisan produk oleh guru 85% (sangat praktis) dan peserta didik 90% (sangat praktis) dan hasil analisis keefektifan dilihat dari motivasi 88% (sangat baik) dan kemandirian 88% (sangat baik). Berdasarkan analisis data tersebut video pembelajaran berbasis kontekstual bersifat valid, praktis dan efektif.

Keywords


Berbasis Kontekstual; Efektivitas; Video Pembelajaran

References


Adnan. (2014). Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Kognitif Peserta didik SMP. Journal of Educational Science and Technology, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.1132

Adnan., Muharram., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 22(2): 112-119. https://doi.org/10.26858/ijes.v22i2.11773

Anggriani, S.P., Wahab, A.J., Abdul, S., & Dadi, S. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123-129. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.430

Anzora. (2017). Analisis Kemandirian Peserta didik Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Teori Belajar Humanistik. Jurnal Gantang, II(2): 99-103. DOI: 10.31629/jg.v2i2.200

Aqib, Z. (2016). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061.

Cahya, W. H. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantu Media Platform Youtube untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19981

Dewanti, A., & Adi, P. (2022). Pengembangan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 178-188. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.50209

Dewi, N. M. L. C., & Negara, I. G. A. O. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Fawaiq, A., Makmuri., & Muis, A. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SD Negeri Pace 03 Jember. Journal of Education Technology & Innovation, 4(1), 11-18. https://doi.org/10.31537/jeti.v3i1.587.

Gazali, Z., & Halimatun, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Materi Biologi Sel untuk Siswa SMA/MA Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 236-238. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.867.

Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95.

Hamruni, (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, XII(2), 177-187. DOI: 10.14421/jpai.2015.122-04.

Haslinda. (2018). Konstruksi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dalam Pengajaran Bahasa (Suatu Tinjauan Evaluasi). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Evolusi: Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0, 513-521. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Iwantara, I. W., Sadia, I.W., & Suma, K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1). Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/issue/view/69.

Jundu, R., Fransiskus, N., Valeria, S.K., Hildegardis, M., Gabariela, P.N., & Ferdinandus, A.A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic COVID-19. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63-73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204-210. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140.

Kok, M., Komen, A., Capalleveen, L., & Kamp, J. Van der. (2019). The Effect of Self-controlled Video Feedback on Motor Learning and Self-efficacy in a Physical Education Setting: An Exploratory Study on The Shot-Put. Physical Education and Sport Pedagogy, 25(1), 49-66. https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1688773.

Kurnia, N., Adnan., & Akhmad, F.D. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Kelas XI untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM: Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. 573-576. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kusnadi, H. K., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/307.

Lin, L., & Li, M. (2018). Optimizing learning from animation: Examining the impact of biofeedback. Learning and Instruction, 55, 32-40. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.02.005.

Mahmoodi, M. H., Kalantari, B., & Ghaslani, R. (2014). Self-Regulated Learning (SRL), Motivation and Language Achievement of Iranian EFL Lerners. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 68, 1062-1068. doi:10.1016/j.sbspro.2014.03.517.

Marsuni. (2016). Penerapan Model Kontekstual dalam Pembelajaran. FITRA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 99-105. Retrieved from https://jurnal.staitapaktuan.ac.id/index.php/fitra/article/view/32/20.

Nurhidayah., Ahmad, Y., & Nurlina. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Wajo. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 161-174. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.307.

Nuritha, C., & Ayu, T. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48-64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Rahmadana, A., Hamsu, A.G., & Ismail. (2018). Pengaruh Video Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Pada Materi Sistem Regulasi Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya: Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, 353-358. Makassar: Pendidikan Biologi PPs Universitas Negeri Makassar.

Rini, B. (2010). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan C T L (Contextual Teaching And Learning) Melalui Metode Demonstrasi. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 294-300. Surakarta: Pendidikan Biologi Universitas Negeri Surakarta.

Ruhaemah., Muhiddin, P., & Adnan. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Respirasi Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 650-656. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Anung, H., & Harjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Safitri, N.K.K., & Erlina, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77-84. https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1493.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 150-163. https://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/60.

Sastramiraharja, U.S., Lukas, N., Reinada, W.P.S., & Fhida, K. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. EduTech: Jurnal Educational Technology, 20(1), 86-72. https://doi.org/10.17509/e.v20i1.30997.g16232.

Setia, T., Reny, S., & Dwi, G. (2022). Penggunaan Media Video Berpengaruh Terhadap Aktivitas Belajar Biologi Siswa Madrasah Aliyah Pamenang Barat. Edu-Bio Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 51-59. https://doi.org/10.30631/edubio.v6i2.21.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syuaib, S., Adnan., & Alimuddin, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Sebagai Sumber Belajar Biologi Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya: Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, 383-388. Makassar: Pendidikan Biologi PPs Universitas Negeri Makassar.

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat PKDLE. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877.

Zhang, J., Liao, G., & Li, N. (2020). Combining active learning and local patch alignment for data-driven facial animation with fine-grained local detail. Neurocomputing, 398, 431-441. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.05.102.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.10092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING