Analisis Instrumen Order Multiple Choice Konsep Nutrisi Berbasis Learning Progression Menggunakan Model Rasch
Abstract
Keywords
References
Aldahmash, A. H., & Alshaya, F. S. (2012). Secondary School Students’ Alternative Conceptions about Genetics. Electronic Journal of Science Education, 16(1), 1–21.
Alonzo, A. C., & Gotwals, A. W. (2012). Learning Progressions in Science. Rotterdam: Sense Publisher. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-6091-824-7
Aziz, R. (2015). Aplikasi Model Rasch dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 29–39. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch untuk Analisis Instrumen Tes pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1–12.
Cabello-Garrido, A., España-Ramos, E., & Blanco-López, Ã. (2018). Developing a Human Nutrition Learning Progression. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(7), 1269–1289. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9838-y
Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Maku, A., Mendri, N. K., & Devianto, A. (2018). Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SDN Ngringin Depok Sleman Yogyakarta. Caring : Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.29238/caring.v7i1.297
Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21442
Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman Dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sabekti, A. W., & Khoirunnisa, F. (2018). Penggunaan Rasch Model untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.724
Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 169–181. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan (1 ed.). Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.
Susdelina, Perdana, S. A., & Febrian. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574
Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530
Yuliadinda, N., Muslim, & Efendi, R. (2019). Validitas Tes Keterampilan Berpikir Kreatif Materi Tekanan Zat dengan Analisis Rasch Model. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i2.40
Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Ardian, Puspita, D. R., Mahfudhillah, H. M., Robitah, A., Zenia, L., Kurniawati, Rosyida, F., & Sholihah, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by