Analisis Instrumen Order Multiple Choice Konsep Nutrisi Berbasis Learning Progression Menggunakan Model Rasch

Murni Ramli, Budi Utami

Abstract


Sebuah instrumen dapat dipergunakan untuk mengukur variabel terikat pada sebuah penelitian apabila instrumen tersebut valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas instrumen soal konsep nutrisi berbentuk Order Multiple Choice (OMC) dengan model Rasch dilihat dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal. Metode yang digunakan berupa metode tes dengan tipe pilihan ganda sebanyak 15 butir soal melalui media google form yang diberikan kepada 93 siswa SMP kelas 7 dan 8. Berdasarkan hasil uji validitas dari keseluruhan butir soal berjumlah 15 item tidak terdapat butir soal yang dinyatakan tidak valid atau perlu diganti. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai item reliability termasuk dalam kriteria reliabilitas yang tergolong cukup. Untuk hasil tingkat kesukaran butir soal didapatkan jika soal nomor 13 adalah soal yang paling sulit, sedangkan soal nomor 15 adalah untuk soal yang termudah. Sedangkan uji daya beda butir soal didapatkan hasil terdapat tiga kelompok butir soal yang dapat diidentifikasi dari total soal. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan jika instrumen tes termasuk dalam kategori bagus untuk diujikan kepada peserta didik dalam skala besar.

Keywords


Instrumen Tes; Metode Survey; Konsep Nutrisi; Model Rasch.

References


Aldahmash, A. H., & Alshaya, F. S. (2012). Secondary School Students’ Alternative Conceptions about Genetics. Electronic Journal of Science Education, 16(1), 1–21.

Alonzo, A. C., & Gotwals, A. W. (2012). Learning Progressions in Science. Rotterdam: Sense Publisher. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-6091-824-7

Aziz, R. (2015). Aplikasi Model Rasch dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 29–39. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402

Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch untuk Analisis Instrumen Tes pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. Jupitek: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1–12.

Cabello-Garrido, A., España-Ramos, E., & Blanco-López, Ã. (2018). Developing a Human Nutrition Learning Progression. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(7), 1269–1289. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9838-y

Dimyati, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (PAKEM) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Maku, A., Mendri, N. K., & Devianto, A. (2018). Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Di SDN Ngringin Depok Sleman Yogyakarta. Caring : Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.29238/caring.v7i1.297

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21442

Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 Menggunakan Model Iteman Dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.20961/jpkim.v10i2.48244

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sabekti, A. W., & Khoirunnisa, F. (2018). Penggunaan Rasch Model untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa pada Topik Ikatan Kimia. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.31629/zarah.v6i2.724

Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 169–181. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assessment Pendidikan (1 ed.). Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Susdelina, Perdana, S. A., & Febrian. (2018). Analisis Kualitas Instrumen Pengukuran Pemahaman Konsep Persamaan Kuadrat Melalui Teori Tes Klasik Dan Rasch Model. Jurnal Kiprah, 1(1), 41–48. https://doi.org/10.31629/kiprah.v6i1.574

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Suyanti, R. D. (2022). Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model dan Software SPSS 22.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 92–96. https://doi.org/10.15294/jipk.v16i2.30530

Yuliadinda, N., Muslim, & Efendi, R. (2019). Validitas Tes Keterampilan Berpikir Kreatif Materi Tekanan Zat dengan Analisis Rasch Model. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(2), 89–97. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i2.40

Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L., Dasna, I. W., Ardian, Puspita, D. R., Mahfudhillah, H. M., Robitah, A., Zenia, L., Kurniawati, Rosyida, F., & Sholihah, M. (2014). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING