Discovery Learning Berbantu Video Ekosistem Taman Hutan Rakyat Wan Abdul Rachman Lampung dan Efektifitasnya terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Tanggung jawab Siswa

Wisnu Juli Wiono

Abstract


Perseta didik tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan tetapi juga harus memiliki sikap yang akan berguna selama proses pembelajaran dan masa mendatang. Proses pembelajaran harus memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek termasuk sikap tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning berbantu video ekosistem Taman hutan rakyat Wan Abdul Rachman (Tahura WAN) terhadap hasil belajar kognitif dan responsibility siswa salah satu SMAN di Pesawaran. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non ekuivalen. Sampel penelitiannya yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelompok kontrol dengan teknik random sampling. Data hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan uji independent sample t-test sedangkan sikap responsibility siswa dianalisis dengan uji One-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 untuk hasil belajar kognitif dan 0,004<0,05 untuk repsonsibility terhadap Tahura WAR. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan dari penerapan discovery learning berbantu video ekosistem Tahura WAR terhadap hasil belajar kognitif dan responsibility siswa.

Keywords


Discovery Learning; Video; Responsibility; Tahura WAR

References


Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005/2208

Agustina, M. D., Hudha, M. N., & Kemala, F. N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran (Animasi) Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Tentang Topik Hemat Energi. Experiment: Journal of Science Education, 2(1), 1–10.

Ahmad, J., Sritharan, G., & Nasir, N. N. A. M. (2020). The effectiveness of video and pamphlets in influencing youth on environmental education. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 31(1), 281–296. https://doi.org/10.17576/jkmjc-2015-3101-15

Ali, M., & Setiani, D. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Bioedusiana, 3(2), 59–63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index%0Ahttp://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/632

Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151

Asholahudin, M., Syichabudin, I., & Solihin, D. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Dimensi Pengetahuan Konseptual Peserta didik melalui Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi media Pembelajaran KineMaster. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 536–542. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.310

Handayani, W., Sa’diyah, M., & Suhandi, T. (2019). Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning di MI I’anatusshibyan 1. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(1), 1–16. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/461

Handoko, & Darmawan, A. (2015). Perubahan Tutupan Hutan Di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman (Tahura WAR). Jurnal Sylva Lestari, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.23960/jsl2343-52

Kemdikbud RI. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Khaeruddin, Ibrahim, M., & Supardi, Z. A. I. (2017). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(1), 6. https://doi.org/10.26740/jpps.v1n1.p6-18

Lestari, P. A., Suadnyana, I. N., & Asri, A. S. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176–181. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400

Luong, P. Van, & Van, V. H. (2021). Education Responsibility Protection Environmental For Students : Duties , Requirements And Necessity. 27(1), 155–166.

Mastuang, Erliana, E., Misbah, & Miriam, S. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Dan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 132–143.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Pratiwi, E. M., Gunawan, & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Rahmawati, A., Ariyanto, J., & Sari, D. P. (2018). Profil Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi di Kelas XI MIPA SMA X Surakarta. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 554–558.

Romlah, S. A., & Andi, H. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Eduscience, 8(2), 1–5.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135–146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. ., & Suastra, I. . (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep Ipa dan sikap ilmiah siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2), 1–13. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1344

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Wiono, W. J., & Meriza, N. (2022). Environmental Issues-based Discovery Learning to Enhance Metacognitive Awareness and Students’ Higher-Order Thinking Skills. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.24042/tadris.v7i1.10464

Yudiyanto, Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187–195. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8959




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING