Phytoremidiasi: Kiambang (Salvinia Molesta) Mereduksi Polutan Limbah Pewarna Batik di Sungai Cigeureung

Endang Surahman, Mufti Ali, Suharsono Suharsono

Abstract


Pewarnaan dalam proses pembuatan batik banyak menggunakan zat pewarna yang mengandung berbagai zat yang dapat menjadi polutan yang berbahaya bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepadatan Kiambang yang sama yang ditanam pada limbah cair batik yang volumenya berbeda; 2) pengaruh  kepadatan Kiambang yang berbeda yang ditanam pada limbah cair batik yang volumenya sama; 3) logam berat yang masih terkandung dalam limbah cair batik setelah diberi perlakuan. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, penelitian dilakukan di Laboratorium Botani Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Unsil selama enam bulan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah limbah cair batik dari wilayah Cigeureung kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya, dengan instrument yang digunakan adalah pedoman observasi, yang dianalisis di PT Sucofindo (Persero) yang beralamat di Jln. Soekarno Hatta No. 217 Bandung 40233. Berdasarkan analisis dan uji analisis hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Kiambang dapat mengurangi polutan pada air limbah pewarnaan batik pada sungai Cigeureung di wilayah sentra batik di Cigeureung Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya.

Keywords


Ammonium; BOD; COD; Kiambang; Limbah Cair Batik

References


Ali, H., Khan, E., & Sajad, M. A. 2013. Phytoremediation of heavy metals—Concepts and applications. Chemosphere, 91(7), 869–881.

Ashraf, S., Ali, Q., Zahir, Z. A., Ashraf, S., & Asghar, H. N. (2019). Phytoremediation: Environmentally sustainable way for reclamation of heavy metal polluted soils. Ecotoxicology and Environmental Safety. 714–727.

Brown, et. al. 1995. Zinc and cadmium uptake by hyperaccumulator Thlaspi caerulescens grown in nutrient solution Soil. Sci Soc Am J. pp 125-133.

Brown, K.S. 1995. The green clean: The emerging field of phytoremediation takes root. Bioscience 9. pp. 579-582.

Chaney, et al. Phytoremediation of soil metals Curr Opini Biotechnol, 8 (1997), pp. 279-284.

Feller, A.K. 2000. Phytoremediation of soils and waters contaminated with arsenicals from former chemical warfare installations. New York. pp. 771-786.

Glick, B. R. 2010. Using soil bacteria to facilitate phytoremediation. Biotechnology Advances, 28(3), 367– 374.

Manousaki, E., & Kalogerakis, N. 2011. Halophytes—An Emerging Trend in Phytoremediation. International Journal of Phytoremediation, 13(10), 959–969.

Pandey, V. C., Bajpai, O., & Singh, N. 2016. Energy crops in sustainable phytoremediation. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 54, 58–73.

Ratih, Y. Wijaya, 2013. Pengaruh Limbah Industri Batik Menggunakan Pewarna Alami Dari Desa Wukursari Terhadap Viabilitas Bakteri Tanah, Prodi Agrotek dan Prodi Teknik Lingkungan, UPN Veteran Yogyakarta.

Salt, D.E. 2000. Phytoextraction: present applications and future promise DL Wise, DJ Trantolo, EJ Cichon, HI Inyang, U Stottmeister (Eds.), Bioremediation of Contaminated Soils, Marcek Dekker Inc., New York, pp. 729-74

Sasongko, Dwi P. dan Wildan Panji Tresna. 2010. Identifikasi Unsur Dan Kadar Logam Berat Pada Limbah Pewarna Batik Dengan Metode Analisis Pengaktifan Neutron. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Telaah. Volume 27. Mei 2010.

Suprihatin, Hasti. 2014. Kandungan Organik Limbah Cair Industri Batik Jetis Sidoarjo dan Alternatif Pengolahannya. Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Riau.

Tosepu, Ramadhan. 2012 Laju Penurunan Logam Berat Plumbum (Pb) Dan Cadmium (Cd) Oleh Eichornia Crassipes Dan Cyperus Papyrus. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, Vol. 19, No. 1, Maret. 2012: 37 – 45.

Tri Astuti, Sutan Nur Chamida. 2018. Potensi Kiambang ( Salvinia molesta) sebagai Agen Fitoremidiasi Logam Berat Tembaga (Cu) dari Limbah Batik Berdasarkan Analisis Ekspresi Gen Phytochelatin Synthase. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Wardani, at al, 2014. Kandungan Krom Pada Limbah Cair Batik Dan Air Sumur Disekitar Industri Batik UD Bintang Timur (Studi Kasus di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Bagian Kesling dan Kesehatan Keselamatan Kerja FKM Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i2.10100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING