Profil Gaya Belajar (David Kolb) di SMA Swasta Tasikmalaya dalam Mata Pelajaran Biologi

Kharisma Soraya, Rita Martasari, Siti Azzkah Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas MIPA di salah satu SMA Swasta Tasikmalaya berdasarkan teori gaya belajar David Kolb. Subyek penelitian sebanyak 42 orang yang terdiri dari kelas XI dan XI. Penelitian dilakukan dengan metode survei.  Instrumen yang digunakan adalah Kolb Learning Style Inventori. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar yang dimiliki setiap peserta didik dapat dijadikan sebagai pedoman guru untuk merencanakan pembelajaran di kelas.  Metode, model pembelajaran dan sikap guru yang tepat memiliki potensi untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang efektif dan membantu meningkatkan prestasi peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah  gaya belajar peserta didik MIPA di SMA Swasta Tasikmalaya tersebar dalam 4 ragam menurut Kolb yaitu diverger, assimilator, accomodator dan converger. Gaya belajar yang banyak dimiliki oleh peserta didik adalah diverger dengan persentase 83 % diikuti oleh gaya belajar assimilator 10 %, gaya belajar accommodator 5% dan converger 2%. Terdapat perbedaan sebaran gaya belajar antar kelas.


Keywords


Gaya Belajar; Acomodator; Assimilator; Converger; Diverger

Full Text:

PDF

References


A.J. Fuad, Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar, Psychology Forum UMM. ISBN: 978-979-796-324-8, 2015.

Adnan dkk. (2017). Identifikasi Keterampilan Belajar (Study Skills) dan Gaya Belajar (Learning Style) Mahasiswa Jurusan Biologi: Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar, 25 Februari 2017.

Akbar, Hanifan. (2010). Kecenderungan Pemilihan Karier Berdasarkan Gaya Belajar pada Siswa Sma Kelas XII. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Diterjemahkan oleh: Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M.N. dan R. Risnawita. (2012). Gaya Belajar. Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermansyah.(2018).Studi Komparasi Pengukuran Gaya Belajar Siswa Dengan Menggunakan Learning Style Inventory Baku Dan Tidak Baku Pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X MIA Sma Negeri 2 Lambu Kabupaten Bima. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Indriana, Dina. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta : DIVA Press.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (Vol. 1). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Kolb, David A dan Y. Kolb (2011). The Kolb Learning Style Inventory- Version 4.0. Artikel. Experience-Based Learning Systems.

Nugroho, Putri Utami dkk. (2016). Aplikasi Test Personality dan Learning Style Inventory Berbasis Web Untuk Mahasiswa Universitas Klabat: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016. ISSN : 2302-3805. Hal 37-42.

Tucker, Ricard. (2006). Southern Drift: The Learning Styles of First and Thir Year Students of the Built Environment. Artikel. Deakin University, Geelong, Australia.

Tulbure, C. (2011). Do different styles require differentiated teaching strategies?. Procedia Social and Behavioral Sciences, 11, 155-159.




DOI: https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING