Kelayakan Media Booklet Peranan Bakteri pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Submateri Kingdom Monera Kelas X SMA/MA

Sofia Rahmayanti, Laili Fitri Yeni, Titin Titin

Abstract


Dalam proses pembelajaran dibutuhkan alat bantu yang memudahkan guru menyampaikan materi, baik di dalam maupun di luar kelas. Media pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas penyampaian materi kepada siswa. Media booklet merupakan buku kecil yang memuat foto/gambar disertai penyajian materi pembelajaran yang lebih singkat dan padat guna mempermudah penyampaian materi di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media booklet peranan bakteri yang memuat submateri kingdom monera dan hasil penelitian uji antibakteri ekstrak batang bajakah kuning (Arcangelisia flava Merr.) terhadap Salmonella typhi menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Tahapan penelitian terdiri dari tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan akhir. Tahapan persiapan meliputi analisis Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), pembuatan flowchart, pembuatan storyboard booklet, penentuan bentuk booklet, penyusunan isi booklet, percetakan, penyusunan instrumen, dan validasi instrumen. Tahapan pelaksanaan meliputi pengembangan dan penilaian kelayakan media. Tahapan akhir meliputi analisis data hasil validasi booklet oleh 5 validator yang terdiri dari 2 Dosen Pendidikan Biologi dan 3 Guru Biologi Kelas X menggunakan metode analisis Aiken’s dan analisis Interclass Correlation Coefficient (ICC). Hasil penelitian diperoleh nilai Aiken’s V sebesar 0,93 dinyatakan valid dan hasil analisis ICC sebesar 0,704 kategori baik. Maka dari itu, media bookletperanan bakteri submateri kingdom moneravalid sebagai media pembelajaran di sekolah.

Keywords


Media Booklet; Peranan Bakteri; Klasifikasi Makhluk Hidup; Kingdom Monera

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Anggraini, I. M., Christiana, R., & Syahwanti, H. (2020). Smart Booklet Media Pembelajaran Daring Sebagai Sarana “Study From Home” Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti. Kapuas, 1(1). https://doi.org/10.31573/jk.v1i1.210

Apriyani, N., Hardigaluh, B., & Wahyuni, E. S. (2019). Pembuatan buklet primate di hutan lindung gunung senujuh pada sub materi pelestarian keanekaragaman hayati. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(11). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37736

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28. https://ejournal.iain-bone.ac.id/index.php/algurfah/article/view/1039

Dewi, B., Hamidah, A., & Sukmono, T. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Kupu-Kupu Di Kabupaten Kerinci dan Sekitarnya Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Animalia Kelas X SMA. Biodik, 6(4), 492-506. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9979

Dewi, S., Daningsih, E., & Titin, T. (2021). Kelayakan Media Video Animasi Powtoon pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA dalam Pembuatan Biskuit Pisang Ambon Lumut. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 219-236. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3160

Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(2), 143-151. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i2.977

French, C. (2013). How to Write a Successful How-to Booklet. The Endless Bookcase.

Gumelar, R. G. (2014). Layout Majalah Sebagai Sebuah Cerminan Identitas Pembaca Studi Kasus Layout Majalah Cosmopolitan dan Aneka Yes. Jurnal Komunikasi, 2(3), 51–57. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/341

Hanzen, W. F. E., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan Booklet Pembuatan Yoghurt Kulit Buah Naga Untuk Para Petani Buah Berbasis Pada Hasil Penelitian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(11), 2140–2144. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7976

Hasan, M., Milawati, D., & Harahap, T. K. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Holilah, S., Daningsih, E., & Titin, T. (2018). Kelayakan Booklet Materi Keanekaragaman Hayati Berdasarkan Morfologi Dan Kandungan Gizi Buah Tepo, Kereke, Pirit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1-9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/26495

Imtiyaz, R., Inriana, S., & Regina, T. (2023). Analisis Visual Pada Sampul Buku Cerita Anak Tentang Permainan Tradisional. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 5(3), 331-338. https://doi.org/10.30998/vh.v5i3.6246

Jatmika, S. E. D. J., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. K-Media.

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Lestari, F. A. P. L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa Seminar Nasional Sains, https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/download/3990/686

Lubis, M., Purba, D. T., Hasibuan, N. A., Panggabean, P., M., Naibaho, M. S., & Hutagaol, R. A. (2024). Kajian EYD dan Pengaruhnya pada Kualitas Tulisan. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3568-3573. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/415

Mahfuz, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Konvensional Dan Teknologi Informasi Oleh Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(1), 55-62. https://doi.org/10.35961/tanjak.v2i1.148

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1338

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. https://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/52

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pralisaputri, K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA (Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Jurnal GeoEco, 2(2), 147-154. https://jurnal.uns.ac.id/geoeco/article/view/8930

Putri, N. M., & Saino. (2020). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP Di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 925–931. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/39992

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 919-932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.672

Saputri, S., Sabri, T., & Kartono, K. (2021). Analisis Keterampilan Guru dalam Menggunakan Media pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 84–91. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/51767

Sitepu, B. P. (2014). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Remaja Rosdakarya.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.

Suryadi, A. (2018). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I. Jejak Publisher.

Ulfiah, Z., Nurazizah, T. S., Cahyani, K., Salsabila, A. A., & Wulandari, A. P. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Zaki, R. (2017). Validation of Instrument Measuring Continuous Variable in Medicine. In Advances in Statistical Methodologies and Their Application to Real Problems. https://doi.org/10.5772/66151




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v10i1.12745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING