Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill
Abstract
Mahasiswa baru di kampus yang berbasis pendidikan vokasi memiliki background pendidikan yang berbeda. Kebanyakan dari mereka berasal dari sekolah menengah atas atau sederajat yang jurusannya bukan IPA. Hal ini menyebabkan mata kuliah Mikrobiologi Dasar di semester satu termasuk ke dalam mata kuliah yang sulit dipahami oleh mahasiswa dengan background di luar IPA. Selain itu, minimnya lembar kerja mahasiswa yang bisa mengasah daya pikir mereka adalah penyebab rendahnya hasil belajar pada mata kuliah ini. Hasil observasi menunjukkan banyak mahasiswa yang cukup kesulitan dalam memahami materi nutrisi mikroorganisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada materi Nutrisi Mikroorganisme berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D dari Thiagarajan dengan mengadopsi tiga tahapan yaitu Define (Pendahuluan), Design (Perencanaan) dan Develop (Pengembangan). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa 78% LKM dinilai layak. Kebahasaan LKM sebesar 72,5% dikategorikan layak dan penyajiannya sebesar 76,6% dikategorikan layak. Kegrafikan LKM sebesar 82,5% dikategorikan sangat layak. Hasil uji keterbacaan dari LKM adalah 71,78% dengan kriteria layak dan respon mahasiswa dalam menggunakan LKM, 90% menyatakan sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisah & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191-197. Retrieved from
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano
Dewi, N. R & Arini, F.Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis.. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. (Vol. 1, pp. 299-303). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19592/9520
Dosinaeng, W. B. N, Leton, S.I, Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250-264. doi: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Ernawati, I & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2(2), 206-210. doi: https://10.21831/elinvo.v2i2.17315
Noprinda, C. T. & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168-176. doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Pratini, H. S & Widyaningsih, R. (2018). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Matematika dan Upaya Untuk Menstimulasinya. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, (pp. 131-136). doi: doi.org/10.24071/snfkip.2018.1
Widiawati, H. S & Prastyaningtyas, E. W. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Mata Kuliah Akuntansi Koperasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jupeko : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2), 1-15. Retrieved from
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/article/view/361/204
Zaenal, A & Retnawati, H. (2015). Analisis Instrumen Pengukurn Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Peserta Didik SMA, Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta 2015 (pp. 783-790). Retrieved from https://docplayer.info/37725673-Analisis-instrumen-pengukur-higher-order-thinking-skills-hots-matematika-siswa-sma.html
DOI: https://doi.org/10.34289/bioed.v5i1.1565
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by