Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium pada Pembelajaran Praktikum Materi Pencemaran Air

Zainal Arifin, Elvira Destiansari, Susy Amizera

Abstract


Pembelajaran yang memerlukan laboratorium dengan alat dan bahan yang memenuhi standar sudah seharusnya dapat dilaksanakan dengan baik terutama pada materi yang berkaitan dengan prinsip ekologi seperti materi pencemaran air. Namun keterbatasan akan hal tersebut menjadikan pemilihan kegiatan praktikum dengan menggunakan virtual lab menjadi salah satu alternatif dalam membantu kegiatan belajar.  Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan  mobile virtual lab pada materi pencemaran air, melakukan validasi baik materi, tampilan dan bahasa serta mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan tahapan penelitian dan pengembangannay seperti tahap studi pendahuluan,tahap perencanaan penelitian, dan tahap pengembangan produk (baik dari desain, produksi, dan validasi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh produk mobile virtual lab berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain berdasarkan hasil analisis kebutuhan serta hasil masukan dari ahli materi, bahasa, dan tampilan. Uji coba yang dilakukan  sampai ke tahap skala kecil memperoleh hasil bahwa pada aspek materi dengan indeks rata-rata 88% terkategori sangat baik, aspek bahasa dengan indeks rata-rata 91,11% terkategori sangat baik, dan aspek tampilan dengan indeks rata-rata 94,07% juga terkategori sangat baik. Ini menujukkan bahwa mobile virtual lab yang dikembangkan sudah sangat baik dalam hal materi, bahasa, dan tampilan. Perbaikan dan saran yang diberikan cukup mendukung untuk melanjutkan ke tahap pengujian skala besar yang pada akhirnya diharapkan dapat diaplikasikan lebih luas dan bermanfaat untuk proses pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; Mobile Virtual Laboratorium; Pencemaran Air

Full Text:

PDF

References


Babateen, H. (2011). The role of Virtual Laboratories in Science Education. 5th International Conference on Distance Learning and Education, 12, 100–104. https://pdfs.semanticscholar.org/a98d/73d731659b5e9053f10b3213daeb85f630eb.pdf

Coleman, S. K., & Smith, C. L. (2019). Evaluating the benefits of virtual training for bioscience students. Higher Education Pedagogies, 4(1), 287–299. https://doi.org/10.1080/23752696.2019.1599689

Fernandes, G. W. R., Rodrigues, A. M., & Ferreira, C. A. (2020). Professional Development and Use of Digital Technologies by Science Teachers: a Review of Theoretical Frameworks. Research in Science Education, 50(2), 673–708. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9707-x

Glassey, J., & Magalhães, F. D. (2020). Virtual labs – love them or hate them, they are likely to be used more in the future. Education for Chemical Engineers, 33, 76–77. https://doi.org/10.1016/j.ece.2020.07.005

Guzmán, J. L., Rodríguez, F., Berenguel, M., & Dormido, S. (2005). Virtual lab for teaching greenhouse climatic control. In IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline) (Vol. 38, Issue 1). IFAC. https://doi.org/10.3182/20050703-6-cz-1902.02286

Liu, D., Valdiviezo-Díaz, P., Riofrio, G., Sun, Y. M., & Barba, R. (2015). Integration of Virtual Labs into Science E-learning. Procedia Computer Science, 75(Vare), 95–102. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.224

Nisa, S. K., & Rinanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Kelas XI MIPA Development of Virtual Laboratory Learning Media Based on Discovery Learning on Excression System Materials for Class XI MIPA. 8.

Rosita dewi, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bergenre Side-Scroliing Platformer. It-Edu, 2(01), 92–96.

Suryanti, E., Fitriani, A., Redjeki, S., & Riandi, R. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Biologi Molekuler. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 32. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7884

Swan, A. E., & O’Donnell, A. M. (2009). The contribution of a virtual biology laboratory to college students’ learning. Innovations in Education and Teaching International, 46(4), 405–419. https://doi.org/10.1080/14703290903301735

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students ’ Achievement Technologies for the Seamless Integration of Formal and Informal Learning. Journal of Educational Technology & Society, 16(1), 159–170. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.16.1.159




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2216

Article Metrics

Abstract view : 831 times
PDF - 411 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING