Studi Kasus SMA di Banten: Proses Pembelajaran Biologi SMA Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahri, A., Devi P., & Irma, S.I. (2018). Peran PBL Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat. 7(2),114-124
Elvis, E. N. (2008). Mengembangkan Strategi Dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika. Pythagoras. 2(2), 26-36.
Fitrianti, F. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.10(1),89-102.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Al-Murabbi.3(1),69-80.
Laksana., DNL & Dasna IW. (2017). Bagaimana Melakukan Penilaian Proses Pada Pembelajaran Berbasis Inquiry. Journal Education Technology. 1(4),224-230.
Miles, M.B., & A.M. Huberman (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Moleong, M.A. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rosdakarya.
Purbaningrum, K. A. (2017). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jppm, 10(2),40-49.
Purwanto, N. (2009). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Puspendik. (2019). Ujian Nasional (UN)/ Puspendik. Diakses Dari Http//Puspendik.Kemdikbud.Go.Id. 24 November 2019, Pk.18.52.
Rahayu, IAT. (2019). Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Journal Of Vocational And Technical Education. 1(1), 1-6.
Reys, R. E., Suydam, M.N, Lindquist, M. M., & Smith, N. L. (1998). Helping Children Learn Mathematics (5thed.). Usa : Allyn And Bacon.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Setiawan, et al. (1997). Pengaruh Distorsi Motivasi Terhadap Tes Forced Choice. Psikologika. 2(2), 67-75.
Shofia, et.al. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial Berbasis Jumping Task Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent. Kadikma.9(3),171-182.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran K13. Jurnal Pendidikan Profesional. 5(3), 116-125
Suteng, B.S. (2012). Problem Solving Signifikansi, Pengertian Dan Ragamnya. Jurnal Satya Widya. 28(2), 156-165
Veronica, T., Eko S., & H. Dedy (2018). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Lebong. Jurnal Kumparan Fisika.1(2),31-39.
Widyoko, EPS. (2009). Evaluasi Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik Dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Yuningsih & MJ. Susilo (2018). Kajian Pendekatan Analogi Dalam Pembelajaran Biologi Yang Bermakna. Jurnal Riset Dan Konseptual. 3(3),268-279.
Lestari, ID.(2020). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi UNTIRTA dalam Pembuatan Soal Higher Order Thingking Skill (HOTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 3(1), 126-128.
Usman, Mulyani, S.E.S & W. Priyantini. (2017). Aalisis Kesesuaian RPP terhadap Pelaksaaan Pembelajaran Biologi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Journal of innovative Science Education. 6(2), 244-251
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by