Video dan Google Classroom: Sebuah Cara untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMAN 1 Pagaran Tapah, Riau

Suri Yustini, Restesa Rahmayumita, Nurkhairo Hidayati

Abstract


Motivasi merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar biologi siswa dengan menggunakan media berbasis video melalui penggunaan google classroom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam Tahun Ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi yang terdiri dari 35 item. Teknik pengumpulan data menggunakan angket online yang dibuat melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa 75,65% yang berada pada kategori tinggi. Indikator tertinggi yaitu perasaan senang sedangkan yang paling rendah adalah efektifitas media. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini bahwa penggunaan video pembelajaran melalui google classroom dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa di kelas XI IPA SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam. Mengacu pada hal ini, guru-guru di sekolah dapat memanfaatkan video selama proses belajar mengajar yang dikombinasikan google classrom sehingga motivasi belajar siswa dapat mengalami peningkatan.

Keywords


Motivasi Belajar; Media Video; Google Classroom.

Full Text:

PDF

References


Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. (2019). The effectiveness of google classroom as an instructional media: a case of state islamic institute of Kendari, Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Utami, R. K. S. (2015). Penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap aktivitas dan hasil belajar geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 3(7), 1–9.

Arianti, A. (2018). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2014). The role of e-learning , the advantages and disadvantages of its adoption in higher education . International Journal of Education and Research, 2(12), 397–410.

Aulia, F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi trigonometri kelas XI MAN Bawu Jepara tahun ajaran 2016/2017. UIN Walisongo.

Boateng, R., Boateng, S. L., Awuah, R. B., Ansong, E., & Anderson, A. B. (2016). Videos in learning in higher education: assessing perceptions and attitudes of students at the University of Ghana. Smart Learning Environments, 3(8), 1–13. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0031-5

Bravo, E., Amante, B., Simo, P., Enache, M., & Fernandez, V. (2011). Video as a new teaching tool to increase student motivation. IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 638–642. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2011.5773205

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137.

Chokri, B. (2012). Factors influencing the adoption of the e- learning technology in teaching and learning by students of a university class. European Scientific Journal, 8(28), 165–190.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Ernawati. (2018). Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 kota Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.

Fatwa, A. (2020). Pemanfaatan teknologi pendidikan di era new normal. Indonesian Journal of Instructional, 1(2), 20–30.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Higgins, J., Moeed, A., & Eden, R. (2018). Video as a mediating artefact of science learning: cogenerated views of what helps students learn from watching video. Asia-Pacific Science Education, 4(6), 1–19. https://doi.org/10.1186/s41029-018-0022-7

Houwer, J. De, Barnes-Holmes, D., & Moors, A. (2013). What is learning? On the nature and merits of a functional definition of learning. Psychonomic Bulletin & Review, 20(4), 631–642. https://doi.org/10.3758/s13423-013-0386-3

Huang, B., & Hew, K. F. (2017). Factors influencing learning and factors influencing persistence: a mixed-method study of MOOC learners’ motivation. Proceedings of the 2017 International Conference on Information System and Data Mining, 103–110. https://doi.org/10.1145/3077584.3077610

Irwanto, & Guswiani, W. (2019). Efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran front office di kelas XI akomodasi perhotelan SMK N 3 Garut. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 77–91.

Johnson, D. (2017). The role of teachers in motivating students to learn. BU Journal of Graduate Studies in Education, 9(1), 46–49.

Kosterelioglu, I. (2016). Student views on learning environments enriched by video clips. Universal Journal of Educational Research, 4(2), 359–369. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040207

Kurniawan, D. (2014). Kemandirian, hubungan motivasi belajar terhadap studi, belajar siswa kelas XI pada kompetensi mengidentifikasi sistem pengapian dan komponennya program keahlian teknik otomotif SMK Tamansiswa Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Listiyanto, T. (2015). Pengaruh pemanfaatan video edukasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bandar tahun ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.

Lubis, M. S. (2016). Diktat Teori Belajar dan Pembelajaran Matematika. UIN Sumatera Utara.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aircraft drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265.

Nafisah, D. (2011). Identifikasi kesulitan belajar ipa biologi siswa kelas IX SMP Negeri 5 Ungaran. Universitas Negeri Semarang.

Nortvig, A., Petersen, A. K., & Balle, S. H. (2018). A literature review of the factors influencing e-learning and blended learning in relation to learning outcome, student satisfaction and engagement. Electronic Journal of E-Learning, 16(1), 46–55.

Omar, S., Jain, J., & Noordin, F. (2013). Motivation in learning and happiness among the low science achievers of a polytechnic institution : an exploratory study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90, 702–711. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.143

Pavalache-Ilie, M., & Ţîrdia, F.-A. (2015). Parental involvement and intrinsic motivation with primary school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 187, 607–612. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.113

Qvortrup, A., Wiberg, M., Christensen, G., & Hansbøl, M. (2016). On the definition of learning. University Press of Southern Denmark.

Regan, J. A. (2003). Motivating students towards self-directed learning. Nurse Education Today, 23(8), 593–599. https://doi.org/10.1016/S0260-6917(03)00099-6

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 188–201.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi motivasi dalam proses pembelajaran (The urgent of motivation in learning process). Jurnal Diktat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 189–212.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: an educational perspective (Sixth Edit). Pearson.

Simorangkir, A., & Napitupulu, M. A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 1–11.

Sudijono, A. (2008). Pengantar statistik pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suharini, D., E., Sri. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 9(3), 90-98.

Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Pusaka Bani Quraisy.

Syahbani, Y., Haris, A., & Palloan, P. (2019). Persepsi siswa tentang media pembelajaran power point dalam pembelajaran fisika pada peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(2), 18–22.

Taradisa, N., Jarmita, N., & Emafilda. (2020). Kendala yang dihadapi guru mengajar daring pada masa pandemi covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. 1–11.

Tsai, C.-H., Cheng, C.-H., Yeh, D.-Y., & Lin, S.-Y. (2016). Can learning motivation predict learning achievement? A case study of a mobile game-based english learning approach. Education and Information Technologies, 22(5), 2159–2173. https://doi.org/10.1007/s10639-016-9542-5

Umairah, P., & Zulfah. (2020). Peningkatan motivasi belajar menggunakan “google classroom†ditengah pandemi covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota. Journal on Education, 2(3), 275–285.

Wahidin. (2019). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1), 232–245.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING