Profil Kompetensi Biologi Peserta Didik SMA Berdasarkan Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Maesaroh Maesaroh, Mega Elvianasti, Irdalisa Irdalisa, Yuni Astuti, Suci Lestari

Abstract


Data Puspendik menunjukkan hasil UN Biologi tahun 2019 berada pada urutan kedua terendah pada tingkat nasional dengan nilai rerata 50.61 untuk SMA dengan peminatan IPA. Kondisi di lapangan, kompetensi peserta didik di Indonesia pada bidang Biologi tidak merata. SMA Muhammadiyah merupakan sekolah swasta dengan jumlah yang banyak dan fasilitas beragam memiliki peran dan posisi dalam dunia Pendidikan serta turut berkontribusi dalam menghasilkan luaran berupa nilai UN pada mata pelajaran Biologi. Berdasarkan hal tersebut perlu untuk diketahui lebih mendalam tentang peta kompetensi peserta didik SMA Muhammadiyah khususnya pada mata pelajaran Biologi agar diperoleh data yang spesifik dan akurat untuk pengembangan proses dan hasil pembelajaran. Melalui penelitian ini dilakukan analisis kompetensi peserta didik SMA Muhammadiyah se DKI Jakarta dan Tangerang pada materi biologi UNBK tahun 2019, dan identifikasi faktor penyebab rendahnya hasil UNBK berdasarkan indikator soal UN Biologi. Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian yaitu peserta didik di 16 SMA Muhammadiyah wilayah Jakarta dan Tangerang yang mengikuti UNBK tahun 2019. Pemetaan kompetensi peserta didik, faktor penyebab dan analisis kebutuhan merupakan hasil dari penelitian. Nilai tertinggi pada sub materi ujian keanekaragaman hayati dan ekologi sebesar 68.65. Nilai terendah terdapat pada sub materi ujian biomolekuler dan bioteknologi sebesar 45.37. Karakteristik materi menentukan kemampuan peserta didik dalam menjawab soal. Secara umum keanekaragaman hayati merupakan materi dengan sifat konkret sedangkan biomolekuler dan bioteknologi merupakan materi yang relatif abstrak bagi peserta didik.

Keywords


Biologi; soal UN; peserta didik; SMA Muhammadiyah; UNBK 2019.

Full Text:

PDF

References


dinugraha, F. (2018). Gambaran Persepsi Peserta Didik tentang Kebermanfaatan Buku Pengayaan Ujian Nasional Biologi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 99–114.

Adlim, M., Wilyta, I., Hasan, M. (2017). Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep Yang Diuji Dalam Ujian Nasional (Kajian Pada Materi Ilmu Kimia Pada Siswa SMA/MA Sekitar Kampus Unsyiah). Jurnal Pencerahan, 11(1), 15–27. https://doi.org/10.13170/jp.11.1.8103.

Alawiyah, F. (2015). Perubahan Kebijakan Ujian Nasional (studi pelaksanaan ujian nasional 2015). Jurnal Aspirasi, 6(2), 189–202. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/513/409.

Apriliana, I. P. A. (2018). Tingkat Kecemasan Siswa SMK Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 37-44. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2341.

Isfiani, I. R. (2016). Profil Tingkatan Habits of Mind dan Kecemasan Kognitif dalam Mata Pelajaran Biologi pada Siswa SMA di Kota Bandung. Biodidaktika. 11(2), 53–66.

Kawuwung, Femmy Roosje & Paat, M. (2018). Analisis Angket Tanggapan Siswa Terhadap Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Kabupaten Minahasa Utara. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Kepulauan. 8–14.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 4 tahun 2018 tentang penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah. Permendikbud, 1–16.

Maesaroh, & Akbar, B. (2020). The Analysis Of The Causes Of Low Achievement Of Biology Lesson In The National Examination High School Students Of Muhammadiyah Jakarta And Tangerang. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9s), 4938–4948.

Maesaroh, Kartikawati, E., Anugrah, D. (2020). Analisis Penguasaan Konsep dan Sikap Remaja Sekolah terhadap Kesehatan Reproduksi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 5(4), 121-130. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Nasution, M. K. M. (2016). Menggali Potensi Ujian Nasional. Harian Waspada. 1-3.

Ningsih, D. L., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Ujian Nasional Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bioterdidik, 6(6), 1–10.

Pakpahan, R. (2016). Computer based national exam model: Its benefits and barriers. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 19–35.

Rambe, Y. S. (2017). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Siswa Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Analitika, 9(1), 60–68.

Santi, M., & Prajana, A. (2018). Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer Dengan Ujian Berbasis Kertas Di SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 2(2). 84-91. https://doi.org/10.22373/cj.v2i2.3997.

Suaib, Hala Y., & Ngitung, R. (2019). Persepsi tentang Kompetensi Guru Biologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 195–202.

Suwitaningsih, Z. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Biologi Pada Kelas X Di MAN Sidoarjo. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 7(2), 298–303.

Triwiniastuti, C. S., & Sabatini, W. (2019). Implementasi Program Ujian Nasional Di Sma Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p54-63.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i1.2690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING