Mempromosikan Literasi Biologi kepada Siswa Sekolah Menengah: Pengembangan Instrumen Tes untuk Kelas VII
Abstract
Praktik pendidikan di setiap jenjang sekolah, selayaknya memenuhi tantangan abad ke-21. Literasi sains merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikembangkan sejak tahap awal pendidikan. Pada penelitian ini, instrumen untuk menilai keterampilan literasi biologi siswa SMP dikembangkan dan divalidasi. Pengembangan instrumen ini menerapkan tahapan model ADDIE. Instrumen ini dirancang berdasarkan kompetensi dasar IPA Biologi kurikulum 2013 untuk kelas VII, dan terdiri dari empat dimensi literasi Biologi. Dari 20 soal yang dikembangkan, terdapat 5 soal berdimensi nominal, 7 soal berdimensi fungsional, 4 soal berdimensi struktural dan 4 soal literasi biologi multidimensi. Uji validitas logis dilakukan untuk isi, konstruksi dan bahasa oleh empat validator, dan dianalisis dengan formula Aiken. Validitas empiris dilakukan dengan uji coba soal kepada 82 siswa kelas VII SMPN 3 Parung Panjang dan dianalisis menggunakan korelasi point biserial. Hasil analisis memperoleh 19 soal valid dan 1 soal tidak valid. Reliabilitas soal diuji menggunakan rumus Kuder Richardson 20, dan diperoleh nilai 0,57 yang berarti instrumen ini cukup reliabel. Tingkat kesulitan setiap soal juga dianalisis, dan diperoleh hasil dengan proporsi 70% soal memiliki tingkat kesulitan sedang dan 30% soal memiliki tingkat kesulitan tinggi.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akcay, H., Kapici, H. O., & Yager, R. E. (2017). Using Newspapers and Advertisement as a Focus for Science Teaching and Learning. Universal Journal of Education Research, 5(1), 99–103. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050112
Aiken, L. R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Atta, H. B., Vlorensius, Aras, I., & Ikhsanudin. (2020). Developing an instrument for students scientific literacy. Journal of Physiscs:Conference Series, 1422. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012019
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/27
Branch, R. M. (2021). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438
Dawati, F. M., Yamtinah, S., Rahardjo, S. B., Ashadi, & Indriyanti, N. Y. (2017). Uji Validitas Computerized Two-Tier Multiple Choice ( CTTMC ) Melalui Focus Group Discussion ( FGD ) Untuk Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret, 21, 260–265.
Demastes, S., & Wandersee, J. H. (1992). Biological Literacy in a College Biology Classroom. BioScience, 42(1), 63–65. https://doi.org/10.2307/1311631
Djamahar, R., Rifan, M., & Ristanto, R. H. (2021). Bio-repropedia website based on reading, mapping, and sharing (RMS): A way to improve biological literacy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012067
Fahmina, S. S., Indriyanti, N. Y., Setyowati, W. A. E., & Masykuri, M. (2019). Dimension of Chemical Literacy and its Influence in Chemistry Learning. Journal of Physics:Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012026
Greenleaf, C. L., Litman, C., Hanson, T. L., Rosen, R., Boscardin, C. K., Herman, J., Schneider, S. A., Madden, S., & Jones, B. (2011). Integrating Literacy and Science in Biology. American Educational Research Journal, 48(3), 647–717. https://doi.org/10.3102/0002831210384839
Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons/article/viewFile/1715/1321
Hasana, I., Saptasari, M., & Wulandari, N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi dan Koordinasi di SMAN 9 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 52–56.
Lasminawati, E., Lestari, N., Setiadi, D., & Jufri, A. W. (2019). Analisis Cakupan Literasi Sains Dalam Buku Pelajaran Biologi Pegangan Siswa Kelas XI Kurikulum 2013. Jurnal Pijar Mipa, 14(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1233
Lina, Y. R., Helendra, & Arsih, F. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Sistem Pencernaan Makanan , Zat Aditif , dan Zat Adiktif untuk SMP. Bioeducation Journal, 2(2), 145–155.
McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5). https://doi.org/10.1890/ES13-00075.1
McFarlane, D. A. (2013). Understanding the Challenges of Science Education in the 21st Century: New Opportunities for Scientific Literacy. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 4, 35–44. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.4.35
Novanti, S. K. E., Yulianti, E., & Mustikasari, V. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa SMP Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pembelajaran Sains, 2(2009), 6–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/
Novaristiana, R., Rinanto, Y., & Ramli, M. (2019). Scientific literacy profile in biological science of high school students. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7080
Oliveras, B., Marquez, C., & Sanmarti, N. (2011). The use of newspaper articles as a tool to develop critical thinking in science classes. International Journal of Science Education, Taylor & Francis (Routledge), 1. https://doi.org/10.1080/09500693.2011.586736
Putri, R. K. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Siswa pada Topik Keanekaragaman Makhluk Hidup. Diklabio:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 71–78.
Penick, J. E. (1993). Scientific Literacy : An Annotated Bibliography. The ICASU/UNESCO Conference Project 2000+:Science Literacy for All, 1–328.
Rachmatullah, A., Diana, S., & Rustaman, N. Y. (2016). Profile of middle school students on scientific literacy achievements by using scientific literacy assessments (SLA). AIP Conference Proceedings, 1708(February 2016). https://doi.org/10.1063/1.4941194
Rachmawati, R., & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online Pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian). Parama Publisihing.
Retnawati, H. (2016). Proving Content Validity of Self-Regulated Learning Scale(The Comparison of Aiken and Expanded Gregory Index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029
Seddon, M. (2017). Strategies for integrating literacy into a science classroom [University of Northern Iowa]. In Graduate Research Papers. https://scholarworks.uni.edu/grp/115
Setiawan, A. R. (2019). Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Indonesian Journal of Biology Education, 7260(2), 42–46. http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi%0AInstrumen
Setiawan, A. R. (2019). Peningkatan literasi sientific melalui pembelajaran biologi melalui pembelajaran sientific. Journal of Biology Education IAIN KUDUS, 2, 223–235. https://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278
Setiawan, A. R., & Mufassaroh, A. Z. (2019). Menyusun Soal Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Biologi Topik Plantae dan Animalia. Biosfer, J.Bio.& Pend.Bio., 4(1).
Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006). The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, 7(4), 203–225. https://doi.org/10.1039/B6RP90011A
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian (cetakan ke-30 ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suprapto, N. (2016). What should educational reform in Indonesia look like?-Learning from the PISA science scores of East-Asian countries and Singapore Bilingual e-Book development (Beboo) View project The Effect of Conception of Physics’ Learning, Content Knowledge, Pedagogi. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(2), 1. https://www.researchgate.net/publication/314645046
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calom Pendidik (Cetakan ketiga ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwono, H., Pratiwi, H. E., Susanto, H., & Susilo, H. (2017). Enhancement of students’ biological literacy and critical thinking of biology through socio-biological case-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 213–222. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9622
Uno, G. E., & Bybee, R. W. (1994). Understanding the Dimensions of Biological Literacy. BioScience, 44(8), 553–557. https://doi.org/10.2307/1312283
Wahyu, E., Fathurohman, A., & Markos, S. (2016). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 14–24. http://fkip.ac.id/index.php/menu/1
Yenni, R., Hernani, & Widodo, A. (2017). The implementation of integrated science teaching materials based socio-scientific issues to improve students scientific literacy for environmental pollution theme. AIP Conference Proceedings, 1848. https://doi.org/10.1063/1.4983970
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by