Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan

Ayu Asri Martinah, Velly Mubarok, Mieke Miarsyah, Rizhal Hendi Ristanto

Abstract


Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih berada pada peringkat rendah berdasarkan hasil PISA, kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan oleh setiap orang guna menjalankan berbagai aktifitas kehidupan dengan mengaplikasikan pemahaman sains, mengaktualisasikan dan mengorganisasikan alam serta bersikap bijak pada alam semesta, oleh karena itu diperlukan asessmen literasi sains yang berbasis kontekstual sehingga siswa dapat mengimplementasikan pengetahuan sains pada kasus-kasus yang ada pada kehidupannya; Tujuan penelitian ini, untuk mengkaji kelayakan dan kualitas instrumen literasi sains berbasis kontekstual pada materi pencemaran lingkungan serta mengetahui validitas empiris dari instrumen yang di kembangkan; Penelitian pengembangan literasi sains dilakukan dengan menggunakan metode 4-D dengan 4 tahapan meliputi, define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP Kartika-X dan siswa SMP PGRI 3 Bekasi yang berjumlah 70 siswa.Validitas logis divalidasi oleh dua validator ahli dan validitas empirik di ujikan ke siswa. Validitas soal memperoleh hasil 70% yang berarti soal dikatakan valid, reliabilitas memperoleh skor 0,74 yang berarti reliabel, terdapat 30% soal dengan kategori sedang (tidak sukar dan tidak mudah) serta 19 soal dengan daya beda yang baik.

Keywords


Kemampuan literasi sains; Pengembangan instrumen berbasis kontekstual; Model 4-D

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2), 112–121. http://dx.doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Berman, E. A., & Kuden, J. L. (2017). Scientific Literacy. In Agriculture to Zoology: Information Literacy in the Life Sciences. Daria O. Carle, Julianna E. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-100664-1.00002-8

BouJaoude, S. (2002). Balance of scientific literacy themes in science curricula: The case of Lebanon. International Journal of Science Education, 24(2), 139–156. https://doi.org/10.1080/09500690110066494

Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Sethna, G. H. (1991). A method to quantify major themes of scientific literacy in science textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28(8), 713–725. https://doi.org/10.1002/tea.3660280808

Chusnani, D. (2013). Pendidikan Karakter Melalui Sains. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i1.1502

Fensham, P. J. (2009). Real world contexts in PISA science: Implications for context-based science education. Journal of Research in Science Teaching, 46(8), 884–896. https://doi.org/10.1002/tea.20334

Fibula Purnama, I Made Putrawan, & Diana Vivanti Sigit. (2020). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) dan Intensi Untuk Bertindak (Intention to Act) terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.21009/ijeem.051.02

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2009). How to design and evaluate research in education (7th ed.). McGraw-Hill Companies.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Glick, M., & Greenberg, B. L. (2017). A march toward scientific literacy. Journal of the American Dental Association, 148(8), 543–545. https://doi.org/10.1016/j.adaj.2017.06.010

Hazen. (2002, November 21). Why should you be scientifically literate. ActionBioscience.Org Is a Resource of the American Institute of Biological Sciences.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 275–288. https://www.researchgate.net/publication/254162731_The_Meaning_of_Scientific_Literacy

Ihsan, H. (2015). Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(3), 173. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i3.6004

Mullis, I. V., Martin, M. O., Minnich, C. A., Stanco, G. M., Arora, A., Centurino, V. A., & Castle, C. E. (2012). TIMSS 2011 Encyclopedia: Education Policy and Curriculum in Mathematics and Science. In Pirls (Vol. 1). https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED544563.pdf

Nana, S. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD Publishing.

OECD. (2018). PISA Result in Focus.

OECD. (2020). PISA 2018 Global competences. In The Ministry of Education: Vol. I. https://moe.go.kr/boardCnts/view.do?boardID=294&lev=0&statusYN=W&s=moe&m=0204&opType=N&boardSeq=79191

Ózdem, Y., Çavaş, P., Çavaş, B., Çakiroǧlu, J., & Ertepinar, H. (2010). An investigation of elementary students’ scientific literacy levels. Journal of Baltic Science Education, 9(1), 6–19.

Putrawan, I. M. (2021). Prinsip-prinsip logis metodologi penelitian kuantitatif. CV Sadari.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Sellar, S., & Lingard, B. (2014). The OECD and the expansion of PISA: New global modes of governance in education. British Educational Research Journal, 40(6), 917–936. https://doi.org/10.1002/berj.3120

Septiani, D., Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Pisa Pada Aspek Menjelaskan Fenomena Ilmiah Untuk Siswa Kelas Vii. Science Education and Application Journal, 1(2), 46. https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.144

Setiawan, A. R. (2019). Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik (Assessment for Ecological Learning with Scientific Literacy Oriented). Assimilation, 7260(2), 42–46. homepage: http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiawati. (2015). Analisa Pemahaman Literasi Sains Mahasiswa yang Mengambil Mata Kuliah IPA Terpadu menggunakan Contoh Soal PISA 2009. Sainteks, XII(1), 21–40. https://doi.org/10.30595/sinteks.v12i1.84

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitianitian, 1(12), 2683. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.530

Thiagarajan, S. Semmel, D. S & Semmel, M. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Zainal, A. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING

http://jurnal.pnk.ac.id/slotpg/ http://ejournal.ft.unsri.ac.id/demoslot/ http://jurnal.feb.unila.ac.id/gacor/ https://ojs.unsulbar.ac.id/classes/setor/ https://ojs.uma.ac.id/slotgacorni/ https://ejournal.uigm.ac.id/public/site/ https://pafibaubaukab.org/ https://pa-ruteng.go.id/plugins/ https://rs-benyaminguluh.kolakakab.go.id/gacorhariini/ https://pascasarjana.upgris.ac.id/wp-includes/images/crystal/ https://poltekkes-denpasar.ac.id/files/ https://kejari-mesuji.kejaksaan.go.id/uploads/topics/index.PhP https://dprd.nttprov.go.id/plugins/content/loadmodule/ https://pakesiska.perhubungan.jatengprov.go.id/assets/images/ https://nidr.nema.gov.mn/uploads/topics/index.PhP https://adm.megaxus.com/gcc/uploads/topics/