Penggunaan “E-Learning Madrasah†terhadap Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada Pelajaran IPA

Iim Halimatul Mu'minah, Muhamad Kurnia Sugandi, Aden Arif Gaffar

Abstract


Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 disarankan untuk dilaksanakan secara daring, agar dapat mengurangi dampak penyebaran virus SARS-CoV-2. Salah satu unsur pendukung yang dapat menfasilitasi pembelajaran daring adalah learning management system (LMS). LMS merupakan sebuah software yang didesain untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian konten pembelajaran. Di antara sekian banyak LMS yang digunakan oleh guru dan siswa, khusus di lingkungan madrasah adalah “E-learning Madrasahâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-learning Madrasah terhadap motivasi belajar siswa selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen karena tanpa adanya kelas kontrol, populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Negeri 2 Majalengka yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 77,07 dan posttest sebesar 87,7. Analisis N-Gain pada pembelajaran daring berbasis e-learning madrasah menunjukkan angka sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan penggunaan E-learning Madrasah memiliki kriteria efektif. Efektivitas penggunaan e-learning madrasah dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA.

Keywords


E-learning madrasah; Motivasi; Pandemi COVID-19.

Full Text:

PDF

References


Abdelmola, A. O., Makeen, A., Hanafi, H. M., & Ageeli, E. (2021). E-Learning during COVID-19 Pandemic, Faculty Perceptions, Challenges, and Recommendations. MedEdPublish, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.15694/mep.2021.000112.1

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Clark, A. E., Nong, H., Zhu, H., & Zhu, R. (2021). Compensating for academic loss: Online learning and student performance during the COVID-19 pandemic. China Economic Review, 68, 101629. https://doi.org/10.1016/j.chieco.2021.101629

Gohiya, P., & Gohiya, A. (2020). E -learning during Covid 19 Pandemic. 4–9. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-29575/v1

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7(4), e06781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2). https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852

Ratnawati, H., & Sulisworo, D. (2021). Efektivitas E-Learning Berbasis LMS Google Classroom dengan Strategi Discovery Learning Materi Fluida Statis SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(2), 137–145. https://doi.org/10.36709/jipfi.v6i2.17162

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sethi, P. C., & Behera, P. K. (2021). Effective online teaching learning during COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1797(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1797/1/012068

Sharma, A., & Singh, P. (2017). Learning Management System for Virtual Teaching and Learning. World Academics Journal of Engineering Science, 4(1), 5–7. https://www.researchgate.net/profile/Ashok_Sharma68/publication/345983706_Learning_Management_System_for_Virtual_Teaching_and_Learning/links/5fcf5ad5299bf188d4005bab/Learning-Management-System-for-Virtual-Teaching-and-Learning.pdf

Zulkifli, N., & Ferdiansyah, H. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1123




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING