Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Bio pada Materi Sistem Pencernaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 90.
Andrianto, K., & Yermandhoko, Y. . (2017). Pengembangan Papan Dart Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA materi Ekosistem pada kelas V di SDN Kebraon 1. Jurnal JPGSD, 5(3).
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611
Aufa, F. R., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Permainan Simulasi Dartboard Tentang Pemahaman Kemandirian Belajar Dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19939
Azhari, B. R., Hanifah, N., & Gusrayani, D. (2017). Penggunaan Media Papan Dart Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2011–2020. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10767
Dewi, V. A., Pratiwi, D. E., & Roosyanti, A. (2021). Pengembangan Media Flashcard dalam Papan Dart untuk Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.677
Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fitriani, A., Mustami, M. K., & Hamansah. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Motivasi ARCS Materi Sistem Imunitas pada Kelas XI Mia MA Madani Alauddin Pao-Pao. Jurnal Al-Ahya, 1(2). https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i2.8081
Havis, M. (2013). Research and Development: Penelitian dibidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib.
Hidayah, I. N., Utami, T. H., Qohar, A., & Nasution, S. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.
Kurniawati, H., & Bekti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dart pada Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 215–222. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1028
Kustandi, & Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusuma, I., & Irawati, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Permainan “Hunting Treasure†Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Kelas Bilingual VII-A Di SMP Negeri 16 Malang. Jurnal Online UM, 1–7.
Listiani, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Math bagi Siswa Kelas VII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.33654/math.v4i1.80
Magorani, S. H., Palimbong, A., & Saneba, B. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11).
Mirojiyah, F. L. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multipresentasi Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan, 4(5), 623–630.
Muhammad, H., Murtinugraha, E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Mukhtaromah, A. R. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievment Division (STAD) Berbantuan Media Papan Dart Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Novianti, N., Akhyar, O., & Mashuri, M. T. (2018). Pengaruh Media Dart Board Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 1(2). https://doi.org/10.31602/dl.v1i2.1580
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Samhudi, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Iqra : Jurnal Ilmiah Kampus, 1(1), 1–10.
Shafira, A., Rosayanti, F., & Baedowi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Konsep Daur Hiduphewan Siswa Kelas IV. Journal Of Primary And Children’s Education, 1(2). https://doi.org/dx.doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.20
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D ((Cet.IV)). Alfabeta.
Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa: Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan. Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uci, P., & Malik, A. (2017). The Making of Dart Board Game for Elementary School Students. Inovish Journal, 2(1). https://doi.org/10.35314/inovish.v2i1.188
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Widoyoko, S. E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by