Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Bio pada Materi Sistem Pencernaan

Sutraningsi Sutraningsi, Muhammad Khalifah Mustami, Jamilah Jamilah, Eka Damayanti

Abstract


Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran ditujukan sebagai sarana pendukung mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penggunaan media dart board bio diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar dan mampu mendorong peserta didik agar aktif di kelas sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Dart Board Bio, menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Pendekatan Research and Development (R&D) yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang memiliki empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Produk yang dikembangkan adalah media pembelajaran Dart Board Bio yang diuji melalui uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMAN 3 Sinjai tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen penelitian berupa angket respon guru dengan jumlah soal sebanyak 20 butir dan angket respon siswa dengan jumlah soal sebanyak 20 butir untuk memperoleh data kepraktisan produk, serta soal tes untuk memperoleh data keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran papan Dart Board Bio materi sistem pencernaan yang dikembangkan memiliki tingkat validitas 3,67 oleh ahli materi dan tim ahli desain, sedangkan tingkat kepraktisan berada pada kategori positif dengan rata-rata nilai total 2,89. Tingkat keefektifan sebagai tes hasil belajar dikategorikan efektif karena mencapai 100%. Artinya media pembelajaran Dart Board Bio tersedia karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Keywords


Dart Board Bio; Media Pembelajaran; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 90.

Andrianto, K., & Yermandhoko, Y. . (2017). Pengembangan Papan Dart Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA materi Ekosistem pada kelas V di SDN Kebraon 1. Jurnal JPGSD, 5(3).

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, D. K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/dx.doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5611

Aufa, F. R., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Permainan Simulasi Dartboard Tentang Pemahaman Kemandirian Belajar Dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.26858/ijosc.v1i1.19939

Azhari, B. R., Hanifah, N., & Gusrayani, D. (2017). Penggunaan Media Papan Dart Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2011–2020. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10767

Dewi, V. A., Pratiwi, D. E., & Roosyanti, A. (2021). Pengembangan Media Flashcard dalam Papan Dart untuk Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.677

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fitriani, A., Mustami, M. K., & Hamansah. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Motivasi ARCS Materi Sistem Imunitas pada Kelas XI Mia MA Madani Alauddin Pao-Pao. Jurnal Al-Ahya, 1(2). https://doi.org/10.24252/al-ahya.v1i2.8081

Havis, M. (2013). Research and Development: Penelitian dibidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Ta’dib.

Hidayah, I. N., Utami, T. H., Qohar, A., & Nasution, S. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80.

Kurniawati, H., & Bekti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Dart pada Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 215–222. https://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1028

Kustandi, & Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusuma, I., & Irawati, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Permainan “Hunting Treasure†Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Kelas Bilingual VII-A Di SMP Negeri 16 Malang. Jurnal Online UM, 1–7.

Listiani, D., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board Math bagi Siswa Kelas VII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 21–33. https://doi.org/10.33654/math.v4i1.80

Magorani, S. H., Palimbong, A., & Saneba, B. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Kabupaten Banggai. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(11).

Mirojiyah, F. L. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multipresentasi Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan, 4(5), 623–630.

Muhammad, H., Murtinugraha, E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453

Mukhtaromah, A. R. L. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievment Division (STAD) Berbantuan Media Papan Dart Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Novianti, N., Akhyar, O., & Mashuri, M. T. (2018). Pengaruh Media Dart Board Terhadap Minat Belajar Kimia Siswa Pada Materi Koloid di Kelas XI SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 1(2). https://doi.org/10.31602/dl.v1i2.1580

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Samhudi, M. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Iqra : Jurnal Ilmiah Kampus, 1(1), 1–10.

Shafira, A., Rosayanti, F., & Baedowi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Permainan Roda Keberuntungan Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Pada Konsep Daur Hiduphewan Siswa Kelas IV. Journal Of Primary And Children’s Education, 1(2). https://doi.org/dx.doi.org/10.35473/jnctt.v1i2.20

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D ((Cet.IV)). Alfabeta.

Sunhaji, S. (1970). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30–46. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa: Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan. Jurnal Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uci, P., & Malik, A. (2017). The Making of Dart Board Game for Elementary School Students. Inovish Journal, 2(1). https://doi.org/10.35314/inovish.v2i1.188

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widoyoko, S. E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING