Pengembangan Panduan Praktikum Penyimpangan Semu Hukum Mendel Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi

Miftahul Koiriah, Jodion Siburian, Evita Anggereini

Abstract


Panduan praktikum merupakan pedoman pelaksanaan praktikum yang memuat judul, tujuan, materi, penyajian hasil dan pertanyaan pasca praktikum. Panduan praktikum yang sederhana membuat mahasiswa kurang berminat dalam melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan praktikum materi prnyimpangan semu hukum Mendel berbasis Edmodo untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan di Program studi pendidikan Biologi UNJA. Teknik analisi data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif.  Validasi yang dilakukan yaitu validasi media dan materi. Hasil rata-rata uji validitas materi panduan praktikum yaitu 50,37% pada tahap pertama, 70,37% pada tahap kedua dan 93,30% pada tahap ketiga. Hasil rata-rata uji validitas media yaitu 69,33% pada tahap pertama dan 88% pada tahap kedua. Hasil rata-rata uju N-Gain yaitu 0,67 termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan praktikum materi penyimpangan semu hukum mendel layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan Biologi.

Keywords


Kata kunci: Validasi; Panduan; Genetika; berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2018). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–7.

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyati, E. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v1i2.194

Atmawarni. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif Di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial-Fakultas Isipol UMA, 4(1), 20–27.

Branch, R. maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: springer science. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Chu, V. (2015). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Genetika Bagi Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(1), 1–9.

Erwinsyah, R., & Nurjhani, M. (2016). Relevansi Praktikum Dan Perkuliahan Teori Pada Mata Kuliah Genetika Relevance Lab Activities And Lecturing Theory In Genetics Course. Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 546–553.

Fidiastuti, H. R., & Rozhana, K. M. (2016). Pengembangan Modul Mata Kuliah Mikrobiologi Melalui Biodegradasi Memanfaatkan Potensi Bakteri Indigen. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(2), 125–132.

Flanagan, M., & Nissenbaum, H. (2007). A Game Design Methodology to Incorporate Social Activist Themes. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 181–190. California. https://doi.org/10.1145/1240624.1240654

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Mahardhika, G. P. (2015). Digital game based learning dengan model ADDIE untuk pembelajaran doa sehari-hari. Teknoin, 21(2), 115–122. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Mawaddah, W., Mochammad, A., Hadi, W. puspita, & Retno, A. yunitasari. (2019). Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Natural Science Education Research, 2(2), 174–185.

Molenda, M. (2015). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 54(2), 34–36.

Nursapikka, E. (2017). Kelayakan Penuntun Praktikum pada Sub Materi Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA. Artikel Penelitian.

Nurussaniah, & Nurhayati. (2016). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbassis Guided Inquiry Untuk Meingkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, V, 63–68. Pontianak. https://doi.org/doi.org/10.21009/0305010214

Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467.

Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susantini, E., Thamrin, M., Isnawati, H., & Lisdiana, L. (2012). Pengembangan petunjuk praktikum genetika untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2126

Weldan N U. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Pembuatan Cenil Nanas Pada Sub Materi Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi. In Artikel penelitian. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING