Pengembangan E-LKPD berbasis Argument Mapping pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa

Mutia Sri Rahayu, Rita Istiana, Desti Herawati

Abstract


Keterampilan beragumentasi merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh peserta didik. Keterampilan argumentasi membuat siswa dapat berpikir secara kritis dan tepat untuk mendukung klaim yang siswa berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis argument mapping submateri penanganan limbah untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Metode R&D digunakan untuk mengembangkan E-LKPD dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation & Evaluation). E-LKPD berbasis argument mapping diimplementasikan di sekolah SMAN 04 Bogor pada siswa kelas X MIPA 6. Hasil validasi ahli tentang media dan materi E-LKPD berbasis argument mapping menunjukan hasil sangat layak digunakan, begitupun pada validasi ahli intrumen soal untuk mengasah kemampuan argumentasi siswa menunjukan hasil sangat layak. Efektivitas E-LKPD berbasis argument mapping dilihat dari kenaikan level argumentasi siswa yang dianalisis dengan kriteria level argumentasi Toulmin Argumentation Pattern (TAP) bahwa pada post test terdapat peningkatan persentase argumentasi siswa pada level 4 dan 5 sedangkan terdapat penurunan persentase level argumentasi siswa pada level 2 dan 3 hal tersebut menunjukan bahwa E-LKPD berbasis argument mapping dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dapat dilihat dengan kenaikan N-Gain dengan nilai 0,61 yang termasuk dalam kategori cukup efektif karena (g) > 0,30.

Keywords


Biology Educatin; Biology Learning Models; Development of Biology Teaching Materials

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Offset.

Akdon, dan R. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Anita, Afandi, & Tenriawaru, A. . (2019). Pentingnya Keterampilan Argumentasi di Era Ledakan Informasi Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura, August, 1740–1746.

Anita, Afandi, Tenriawaru, A. B., & Putra, D. A. (2021). Profile of Argumentation Skills using Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) in Senior High School Students in Biology Learning: Preliminary Research. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012065

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Çakan Akkaş, B. N., Sönmez E., & K. M. (2018). Step by Step Argument Map in Learning Environments : An Example of the Öğrenme Ortamında Adım Adım Argüman Haritası : Mercekler Konusu Örneği. 3(2), 15–25.

Davies, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: What are the differences and do they matter? Higher Education, 62(3), 279–301. https://doi.org/10.1007/s10734-010-9387-6

Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. (2010). The evaluation of argument mapping as a learning tool: Comparing the effects of map reading versus text reading on comprehension and recall of arguments. Thinking Skills and Creativity, 5(1), 16–22. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2009.05.001

Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. (2004). TAPping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s Argument Pattern for studying science discourse. Science Education, 88(6), 915–933. https://doi.org/10.1002/sce.20012

Febriyanti, E., Dewi, F., & Afrida. (2017). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Universitas Jambi.

Greenwald, A. R. (2007). Learning how to argue: experiences teaching the Toulmin model to composition students. http://lib.dr.iastate.edu/rtd

Haryanto, Asrial, Dwi Wiwik Ernawati, M., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-worksheet using kvisoft flipbook: Science process skills and student attitudes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 1073–1079.

Istiana, R., Herawati, D., Nadiroh, N., & Angga Mahendra, P. R. (2019). Efektivitas Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Tentang Isu Sosiosaintifik Lingkungan. Edusains, 11(2), 286–296. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.14290

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Osborne, J., Erduran, S., & Simon, S. (2004). Enhancing the quality of argumentation in school science. Journal of Research in Science Teaching, 41(10), 994–1020. https://doi.org/10.1002/tea.20035

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 174.

Rahayu, Y., Suhendar, & Jujun Ratnasari. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik, 6(3), 310–320. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9802

Ramlawati, R., Liliasari, L., Martoprawiro, M. A., & Wulan, A. R. (2014). The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students’ Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning (EduLearn), 8(3), 179–186. https://doi.org/10.11591/edulearn.v8i3.260

Rapanta, C., & Walton, D. (2016). The Use of Argument Maps as an Assessment Tool in Higher Education. International Journal of Educational Research, 79, 211–221. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2016.03.002

Redhana, I. W. (2015). Menyiapkan Lulusan FMIPA yang Menguasai Keterampilan Abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 138–155.

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548

S. Toulmin. (1958). The Uses of Argument. Cambridge Univ. Press.

Suartha, I Nengah., Agung, A., & Sudiatmika, R. (2020). Pola Argumen Toulmin Pada Proses Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April), 1–11.

Sujatmika, S., Irfan, M., Ernawati, T., Wijayanti, A., Widodo, S., amalia, ayu, Nurdiyanto, H., & Rahim, R. (2019). Designing E-Worksheet Based On Problem-Based Learning To Improve Critical Thinking. May. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281282

van Gelder, T. (2003). Enhancing Deliberation Through Computer Supported Argument Visualization. 97–115. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-0037-9_5

Widodo, A., Waldrip, B., & Herawati, D. (2016). Students argumentation in science lessons: A story of two research projects. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 199–208. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5949

widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1266




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING