Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Pengelolaan Limbah Lokal
Abstract
Minimnya bahan ajar mikrobiologi yang mengangkat potensi lokal khususnya mengenai pengelolaan limbah organik secara mikrobiologi. Hal ini berdampak pada kesulitan memahami materi yang menyebabkan kurangnya pengaplikasian materi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis kelayakan serta respon pengguna bahan ajar mikrobiologi berbasis potensi lokal dalam mengelola limbah organik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4 D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (validasi ahli materi dan validasi ahli media). Hasil uji kelayakan ahli materi diperoleh persentase rerataan skor 95% dengan kategori sangat layak tanpa revisi. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase rerataan skor sebesar 96,7% dengan kategori sangat layak tanpa revisi. Data hasil uji coba kelompok kecil terkait respon mahasiswa menunjukan respon yang positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan rerata persentase sebesar 90,3% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji coba kelompok kecil maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mikrobiologi berbasis potensi lokal (pengelolaan limbah organik) dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran mikrobiologi.
Keywords
References
Hidayah W, Dewi NK, Retnoningsih A. (2014). Pengembangan Komik Pencemaran Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas VII SMP. Unnes Journal of Biology Education. J og Biol Educ. 3(3):319-329.
Mulyasa HE. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. 4th ed. (Wardan AS, ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyanto, amd. (2020). Kecamatan Pasir SaktiDalam Angka 2020 Pasir Sakti Subdistrictin Figures 2020. Lampung Timur:BPS Kabupaten Lampung Timur.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Fajeri, A. M. Z., Irsadi, A., & Budiyanto, K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pencemaran Lingkungan Berbasis Pengolahan Limbah Di Madrasah Tsanawiyah Sabilul Ulum Mayong Jepara Alif. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 16–21.
Kristanti, E. A., Bintari, S. H., & Ridlo, S. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bioentrepreneurship Pembuatan Makanan Dari Limbah Cair Pengolahan Kedelai. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 112–118.
Nirwana, P., Djangi, M. J., & Side, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuatan Pupuk Organik (Developing Students Worksheet in Making Organic Fertilizer). Jurnal Chemica, 20(2), 162–178.
Yuniartiek, E., & Dyah Rini Indriyanti, S. A. (2015). Pengembangan Pembelajaran Daur Ulang Limbah Berorientasi Bioentrepreneurship Dengan Model Project Based Learning. Lembaran Ilmu Kependidikan, 44(September), 104–110.
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v9i1.3986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by