Studi Meta Analisis: Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik
Abstract
Perkembangan abad 21 menuntut peserta didik memiliki kemampuan literasi sains (KLS) untuk dapat memahami isu terkait sains. Meskipun demikian, peserta didik memiliki KLS yang termasuk dalam kategori rendah. Model Problem-Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran aktif yang membantu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model PBL terhadap keterampilan literasi sains peserta didik. Penelitian menggunakan metode meta analisis group contrast dengan mengkaji dan menganalisis data hasil penelitian dari beberapa artikel. Sampel yang digunakan sebanyak 3 artikel dengan data hasil penelitian yang setara dari tahun 2017-2021. Analisis dilakukan dengan membandingkan data hasil posttest kelompok ekperimen dan kontrol, dan menghitung effect size (ES) untuk mengetahui besar pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi sains peserta di dik. Berdasarkan hasil analisis perbandingan skor posttest kelompok ekperimen dan kontrol, skor tertinggi pada kemampuan literasi sains adalah 78,9 dan terendah 65,5 dengan persentase selisih sebesar 32,08%. Nilai signifikansi masing-masing data, yaitu A1 sampai dengan A3 sebesar 0,00 <α (0,05). Analisis menggunakan perhitungan Hedges’s g diperoleh nilai effect size terbesar yaitu 2,61 pada data A1, termasuk kategori besar dan nilai terkecil yaitu 0,63 pada data A3, termasuk kategori sedang. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model PBL memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.
Â
Kata kunci: meta analisis; effect size; keterampilan abad 21
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akinoglu, O., & Özkarde, R. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students' Academic Achievement , Attitude and Concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71-81, 3(1), 71–81. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/ejmste/75375
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, 14(1), 9–18.
Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of Students' Scientific Literacy in Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery and Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5786
Azizah, D. N., Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JRPK.111.03
Bagasta, A. R., Rahmawati, D., M, D. M. F. Y., Wahyuni, I. P., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 121–129. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1551
Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills (P. Griffin & E. Care (eds.)). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5
Card, N. A. (2012). Applied Meta-Analysis for Social Science Research (T. D. Little (ed.)). The Guilford Press.
Diana, S., Rachmatulloh, A., & Rahmawati, E. S. (2015). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA). Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 285–291.
Ernanda, M., Suharsono., Triyanto, S. A. (2022). The Effect of Implementing Problem-Based Learning in Lesson Study on Students’ Critical Thinking Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(2), 112-125. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v15i2.61383
Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326
Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, Vol. 98, 549–580. https://doi.org/10.1002/sce.21115
Glaze, A. L. (2018). Teaching and Learning Science in the 21st Century : Challenging Critical Assumptions in Post-Secondary Science. Education Sciences, 8(12), 1–8. https://doi.org/10.3390/educsci8010012
Haniyya, F., & Bintari, S. H. (2017). Pengaruh pembelajaran model PBL terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan kelas X MA Miftahussalam Demak. Journal of Biology Education, 6(1), 26–30.
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. 4(3), 275–288.
Juleha, S., Nugraha, I., & Feranie, S. (2019). The Effect of Project in Problem-Based Learning on Students' Scientific and Information Literacy in Learning Human Excretory System. Journal of Science Learning, 2(2), 33–41. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.12840
Kurnia, F., . Z., & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika Sma Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47. https://doi.org/10.36706/jipf.v1i1.1263
Mahnaz Moallem, Woei Hung, and N. D. (2019). Wiley Handbooks in Education ( and N. D. Mahnaz Moallem, Woei Hung (ed.)). John Wiley & Sons, Inc.
Michael Borenstein, L. V. Hedges, J. P. T. H. and H. R. R. (2009). Introduction to meta-analysis. In Leadership and Organizational Outcomes: Meta-Analysis of Empirical Studies. John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1007/978-3-319-14908-0_2
Miller, J. D. (2016). Civic Scientific Literacy in the United States in 2016 Civic Scientific Literacy in the United States in 2016.
Nainggolan, V. A., Pramana, R., & Pudji, S. (2021). JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia) Learning Bryophyta : Improving students ’ scientific literacy through Problem-Based Learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.13926
Putri, P. D., Tukiran, & Nasrudin, H. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning ( PBL) Models Based on Socio-Scientific Issues ( SSI ) to Improve The Ability. PPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ), 7(2), 1519–1524.
Sharon, A. J., & Tsabari, A. B. (2020). Can science literacy help individuals identify misinformation in everyday life ? Science Education, April, 1–22. https://doi.org/10.1002/sce.21581
Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2015). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(2), 136–144. https://doi.org/10.17977/jip.v21i2.8367
Triyanto, S. A., Prabowo, C. A. (2020). Efektivitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study Terhadap Hasil Belajar. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 42-48. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i1.37960
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21 st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Elsevier Ltd, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253
Ulfa, L., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Semarang, U. N., Pati, G., Semarang, U. N., Pati, G., Semarang, U. N., Pati, G., & Sampling, S. R. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Materi Pencemaran Lingkungan dan Pemanasan Global Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global . Penelitian dilakukan di salah . 1866(2), 163–169.
Utami, H. D., Yuniastuti, A., & Rudyatmi, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kemampuan Berpikir. Journal of Biology Education, 7(2), 65–68.
Wenger, K. (2014). Problem-Based Learning and Information Literacy: A Natural Partnership. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 2(2), 142–154. https://doi.org/10.5195/palrap.2014.61
Wrahatnolo, T., & Munoto. (2018). 21 st centuries skill implication on educational system. 21st Centuries Skill Implication on Educational System T. https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012036
Yolida, B., Marpaung, R. R. T., Handini, R. (2021). Problem-based learning model using vee diagrams on students' scientific literacy of environmental pollution material. JPBIO: Jurnal Pendidikan Biologi., 6(1), 55-63. https://doi.org/10.31932/jpbio.v6i1.834
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by