Pengembangan E-module “Mengupas Tuntas Peranan Bakteri†sebagai Bahan Ajar Materi Kingdom Monera Kelas X SMA

Chaerani Chaerani, Wolly Candramila, Laili Fitri Yeni

Abstract


Sebagai bahan ajar elektronik yang disusun secara sistematis, e-module dapat mendukung kegiatan belajar mandiri peserta didik. Bahkan, kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik tetapi tidak ditemukan pada buku ajar seperti pada pokok bahasan Kingdom Monera dapat dicantumkan dalam e-module karena tidak hanya bisa menampilkan tulisan dan gambar tetapi juga komponen gabungan audio, visual, dan motion. Untuk itu, pengembangan bahan ajar berupa e-module yang dapat digunakan secara mandiri serta diperkaya dengan informasi-informasi yang relevan pada materi Kingdom Monera perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas dan reliabilitas e-module pada materi Kingdom Monera yang dikembangkan dengan menggabungkan tahap preliminary investigation dari metode development research oleh Akker dan formative evaluation oleh Tessmer. Tahap preliminary investigation dilakukan melalui analisis konten materi, contoh, dan ilustrasi pada LKPD dan buku ajar di sekolah dan kesesuaiannya dengan kegiatan pembelajaran seperti yang tercantum pada silabus. Hasil analisis selanjutnya dikembangkan menjadi e-module prototype I pada Materi Monera Kelas X SMA/ MA. Tahap self evaluation dilakukan melalui evaluasi e-module prototype I oleh dosen pembimbing dan selanjutnya divalidasi oleh 5 orang ahli pada tahap expert review yaitu 2 orang dosen pengampu mata kuliah Mikrobiologi di dua universitas dan 3 orang guru Biologi SMA/ MA di Kota Pontianak. Hasil validasi dianalisis menggunakan formula Aiken’s V untuk dihitung koefisien validitasnya dan diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus ICC. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa e-module dinyatakan layak untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya dengan memperoleh nilai minimum Aiken’s V sebesar 0,87 dan nilai reliabilitas ICC sebesar 0,974.

Keywords


Riset Pengembangan; E-module; Materi Kingdom Monera

Full Text:

PDF

References


Arsyad A., & Rahman, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmi, A. R., Dhita Surbakti, A. N., & C., H. (2018). E-Module Development Based Flip Book Maker for Character Building in Pancasila Coursework Sriwijaya University. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v27i1.9395

Chaeruman, U. A. (2019). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Ernica, S. Y., & Hardeli. (2019). Validitas dan praktikalitas e-modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), 812–820.

Firdaus, A., Samhati, S., & Suyanto, E. (2014). Analisis kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia terbitan Erlangga kelas VIi SMP/ MTs. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–12.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Holman, T. (2010). Sound for Film and Television Third Edition. Elsevier B.V.

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X Kurikulum 2013. Erlangga.

Koo, T. K., & Li, M. Y. (2016). A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research. Journal of Chiropractic Medicine, 15(2), 155–163. https://doi.org/10.1016/j.jcm.2016.02.012

Kristiana, T. (2021). Penyusunan perangkat pembelajaran dengan model guided inquiry disertai socioscientific issues untuk menggali keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA (Skripsi). Universitas Tanjungpura.

Lewis. R. Aiken. (1985). Three Coefficients For Analyzing The Reliability And Validity Of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131–141.

McKenney, S., & Reeves, T. C. (2018). About educational design research. Conducting Educational Design Research, 5–33. https://doi.org/10.4324/9781315105642-3

Muktaf, Z. M. (2016). Proses kreatif desain sampul buku dalam membangun. 1–18.

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056

Nurhayati, N., & Wijayanti, R. (2016). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Bandung. Yrama Widya.

Pantiwati, Y. (2016). Pengembangan Modul Evaluasi Pembelajaran dengan Model Pembelajaran 7E Berbasis Kreatifitas. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 461–467.

Pratiwi, D. A. (2013). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X. Erlangga.

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Suarsana, I. M. (2013). Problem Solving Oriented E-Module Development to Improve Students' Critical Thinking Skills. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 193–200.

Sulistyowati, E., Omegawati, W. H., & Hidayat, M. L. (2016).

Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga. Nurhayati, N., & Wijayanti, R. (2016). Biologi untuk SMA/ MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Bandung: Yrama Widya. Sulistyowati, E., Omegawati. Intan Pariwara.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Suyono, A. R., Ariani, D., & Luciandika, A. (2016). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Gunung Samudera.

Syamsiah, Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sel Pada Kelas XI MIPA SMAN 3 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 762–770.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations (1st ed.). Routledge.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Winatha, K. R., Suharsono, N., dan Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di Smk Ti Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1), 15(2).

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463




DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda  WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING