PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SUB-MATERI INVERTEBRATA FILUM ECHINODERMATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) dan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada sub materi invertebrata filum echinodermata di kelas X MIA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan juli 2018 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 10 Kota tasikmalaya sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 130 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas model pembelajaran think pair share dan kelas model pembelajaran two stay two stray. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis pada sub materi Invertebrata Filum Echinodermata. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) dan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) pada sub materi Invertebrata Filum Echinoderamata di kelas X MIA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34289/277892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by