Komparasi Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin dengan Pendekatan Saintifik Metode Diskusi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis & Keaktifan Siswa
Abstract
Pembelajaran daring di SMA Negeri 2 Simpang HIlir selama  pandemi covid-19 menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa berkurang.  Belajar tatap muka baru dilaksanakan pada semester ganjil TA 2022/2023. Hal tersebut terlihat dari  kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar siswa tersebut masih kurang, dihat dari kemampuan menyampaikan pendapat, melakukan tanya jawab, dan diskusi. Sehingga diperlukan pendekatan dan metode pembelajaran yang dapat memacu kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa. Salah satunya  menggunakan pendekatan brainstorming teknik round-robin dan pendekatan saintifik metode diskusi. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa dengan kedua pendekatan dan metode tersebut. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan  bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan  XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Nilai Gain kemampuan berpikir kritis  kelas eksperimen 1 lebih tinggi (10,19) disbanding  kelas eksperimen 2 (5,36) dengan hasil uji U Mann-Whitney 0,825 (tidak terdapat perbedaan). Keaktifan siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi (70,45) dibandingkan kelas eksperimen 2 (54,45) dengan hasil uji U Mann-Whitney yaitu 0,914 (tidak terdapat perbedaan). Dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa yang ajar menggunakan pendekatan brainstorming teknik round-robin dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan saintifik metode diskusi, tetapi dari hasil uji statistik menunjukan kedua pendekatan tidak menunjukan perbedaan yang signifikan.
Keywords
References
Ahmatika, D. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY/DISCOVERY. Euclid. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436
Ariza Rahmadana Hidayati, Wirawan Fadly, & Rahmi Faradisya Ekapti. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 34–48. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.68
Baiduri, B., Khusna, A. H., & Saraswati, E. D. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Brainstorming Tipe Round Robin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 584. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3559
Hazmi, N. (2019). PENGARUH METODE ROUND ROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Lestari, D., Mulyani, E. ., & Susanti, R. (2016). Pengembangan Perangkat Blended Learning Sistem Saraf Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 83–93. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Nahdi, D. S., Kunci, K., & Brainstorming, P. (2015). MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH EFEKTIVITAS PENDEKATAN BRAINSTORMING TEKNIK ROUND-ROBIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI Matematis Siswa Sekolah Dasar. Terbit Sejak, 5(1), 11–22. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna
Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2), 114–122. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047
Ramli, R., & Akram, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas …. Jurnal Al-Ibrah, X.
Sandra, D., Argueta, E., Wacher, N. H., Silva, M., Valdez, L., Cruz, M., Gómez-DÃaz, R. A., Casas-saavedra, L. P., De Orientación, R., Salud México, S. de, Virtual, D., Social, I. M. del S., Mediavilla, J., Fernández, M., Nocito, A., Moreno, A., Barrera, F., Simarro, F., Jiménez, S., … Faizi, M. F. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Mengoptimalkan Penerapan Pendekatan Saintifik Strategi Discovery Learning dan Metode Diskusi di SDN Model Mataram. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
SARI, N. T. I., & MAIMUNAH, S. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sma. Jurnal Ecopsy, 4(1), 25. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i1.3412
DOI: https://doi.org/10.37058/bioed.v8i1.6386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by