PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MODEL PEMBELAJARAN INDUCTIVE THINKING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. dkk. (2012). Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik. Bandung : Rizqi Press.
Anderson, L. W. dan David. (2015). Kerangka Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajara.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Ennis, R. H. (2001). â€Critical Thinking Assesmentâ€. Artikel.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (terjemahan). Jakarta : Erlangga.
Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Handayani. dkk. (2014). â€Pembelajaran Biologi Dengan Concept AttainmentModel Menggunakan Teknik Vee Diagram Dan Concept Map Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Ilmiahâ€. Jurnal Inkuiri. 3. (2). 16-27.
Hernawan, Edi. (2014). Pengantar Statistika Parametrik Untuk Penelitian Pendidikan. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.
Huda, Miftahul. (2014). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, Imam. dan Anggarini Retno Palupi. (tanpa tahun). â€Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran , Penggajaran dan Penilaianâ€. Jurnal IKIP Madiun.
Jihad, Asep. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Joyce, Bruce. dan Weil, M (2009). Models of Teaching, Model - model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Listyaningrum. R. I. dkk. (2012). “Penerapan Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012â€. Pendidikan Biologi. 4. (1). 56-67.
Mardiya. (tanpa tahun). Mengelola Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Memperbaiki Mutu Hidup. Artikel : tidak diterbitkan.
Nurhayati, Nunung. (2013). Pencemaran Lingkungan. Bandung: CV Yrama Widya.
Sastrawijaya, A. T. (2009). Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor ya3ng Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS.
Sutarno, M. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis. [Online]. Tersedia: https://fisika21.wordpress.com /2009/11/15/keterampilan-berpikir-kritis/. [29 November 2015].
Tanwil, Muh. dan Liliasari. (2013). Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : UNM Press.
Thabroni, M (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yokyakarta : Ar-ruzz Media.
Tim penyusun. (2015). Pedoman Penuliasn Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. Tasikmalaya : FKIP UNSIL
Republik Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2000). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 150 Tahun 2000 tentang Pengendalian Kerusakan Tanah. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Sekretariat Negara.
Republik Indonesia. (2014). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Jakarta: Sekretariat Negara.
Wardhana, W. Arya. (2011). Dampak Pencemaran Lingkungan :Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.
DOI: https://doi.org/10.34289/285226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by