IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN DAN KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI (PROJECT BASED LEARNING METHODE BASED PRACTICE IMPLEMENTATION TO PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHERS METACOGNITIVE SKILLS AND METACOGNITIVE AWARENESS)
Abstract
Keterampilan metakognitif dinilai melalui tes uraian, kesadaran metakognitif diukur menggunakan daftar inventori kesadaran metakognitif. Pengujian hipotesis menggunakan independent t test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan metakognitif dan kesadaran metakognitif kelas eksperimen rata-rata termasuk ke dalam kategori baik dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Menurut mahasiswa pembelajaran project based learning berbasis praktikum menarik, dan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merencanakan, memantau, mengevaluasi percobaan dan membuat laporan.
Keywords
Full Text:
PDF 29-41References
Bas, G. (2011). Investigating The Effects of Project Based Learning on Students Academic Achievement And Attitudes Towards English. TOJNED: The Online Journal of New Horisozon In Education. Vol. 1 Issue 4. Oktober 2011.
Budiati, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran POE Menggunakan Eksperimen Sederhana Dan Terkontrol Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif dan Gaya Belajar. Semarang: Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi UNS (tidak diterbitkan).
Butterfield, A (2012). Employing metacognitive producess in natural science teaching. South Africa : Stellenbosch University.
Corebima, A.D. (2009). Metacognitive Skills Measurement Integrated In Achievement Test. Makalah disajikan dalam Third International Conference on Science and Mathematic Education (CosMed). Malaysia 10-12 November
Haryani, B. (2012). Membangun Metakognisi dan Karakter Calon Guru Melalui Pembelajaran Kimia Analitik Berbasis Masalah. Semarang: UNNES Press.
Kemendikbud. (2014). Pendekatan Saintifik dan Model-model Pembelajaran. PPTK: Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.
Klein, J.I. (2009). Project Based Learning Inspiring Middle School Students to Enggage in Deep and Active Learn. NYC Departement of Education. New York.
Marzano, R.J dan Kendall, J.S. (2008). Designing & Assessing Educational Objectives. USA: The American Association of School Administration.
Nuraini, S. M. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind Siswa. Tesis Pasca Sarjana UPI Bandung (Tidak diterbitkan).
Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Otaya, L.G. (2014). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Islam Berbasis KKNI dalam Keterserapan Lulusan di Dunia Kerja. Jurnal Managemen Pendididkan Islam TARDIB. Vol 2 no.1 tahun 2014.
Prabawati, A. (2010). Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rustaman, N. (2010). Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains dan Asesmenya. Tersedia online: http:www.file.upi.edu/direkto ri/SPSI. Diakses 16 Maret 2015.
Schraw, G and Dennison, R.S. (1994). Assesing Metacognitive Awareness. Contemporry Educational Psichology. University of Nebraska of Lincoln.
Sperling, R et al. (2002). Measures of Childrens Knowledge and Regulation of Cognition. USA: Contemporary Educational Psychologi 27.
DOI: https://doi.org/10.34289/277900
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Bioedusiana is Indexed by