PERBANDINGAN PENGETAHUAN BIODIVERSITAS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN ANTARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH KAWASAN TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS DAN KAWASAN PERKOTAAN KOTA

Sulastri Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menentukan perbandingan pengetahuan biodiversitas dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik di Sekolah Kawasan TNWK dengan di Kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan random sampling.Desain penelitian adalah ex post facto. Data penelitian diperoleh dari tes dan kuisioner, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara pengetahuan biodiversitas dan sikap peduli lingkungan antara sekolah kawasan TNWK dengan sekolah di kota Bandar Lampung. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan terdapat hubungan antara pengetahuan tentang biodiversitas terhadap sikap peduli lingkungan peserta didik di Sekolah Kawasan TNWK. Temuan lainnya yaitu pengetahuan tentang biodiversitas peserta didik di sekolah Kota Bandar Lampung tidak terdapat pengaruh terhadap sikap peduli lingkungan.

Keywords


Pengetahuan biodiversitas; sikap peduli lingkungan; Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Full Text:

PDF

References


Afrianti, S. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Trigonometri Siswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. (Online). ejournal.unimed.ac.id, Diakses pada 21 April 2018.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Bimber, B. (2003). Information and American Democracy: Technology in Evolution of Political Power. Cambridge: Cambridge University Press.

Chiras, D. (1988). Enviromental Science. California: The Benyamin Coming Pub. Co.

Departemen Kehutanan. (2002). Seleksi Pohon Plus Booklet. Sumedang. Balai Pembenihan Tanaman Hutan Jawa dan Madura.

Hamzah. (2004). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indrawan, M., dan Primack, R.B. (2012). Biologi Konservasi. Edisi Revisi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Insani, M.D. (2016). Studi Pendahuluaan Identifikasi Kesulitan dalam Pembelajaran pada Guru IPA SMP Se-kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. Malang.

Ismail, M. (2010). Kinerja dan Kopetensi Guru dalam Pembelajaran. Bandung: Lentera Pendidikan.

Kadous, K. (2000). The Effects of Audit Quality and Consequence Severity on Juror Evaluations of Auditor Responsibility for Plaintiff Losses. The Accounting Review. Vol. 75. No. 3. pp. 327-341.

Keraf. (2002). Etika Lingkungan. Jakarta: Buku Kompas.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rifanz. 2017. TNWK Lampung: (http://taman-nasional-way-kambas/tentang/rifanzblogspot.html). diakses pada 24 April 2018 pukul 21.10 WIB.

Skinner, F.B. 2000. Behavior as a Learning Theory Available From Behaviorism.

Sudaryono, M., dan Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surbakti, A. (2015). Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiratno. dkk. (2001). Berkaca di Cermin Retak: Refleksi Konservasi dan Implikasi Bagi Pengelolaan Taman Nasional. The Gibbon Foundation Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.34289/285230

Article Metrics

Abstract view : 437 times
PDF - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

Indeks DimensionsIndeks Copernicus Indeks Google ScholarSintaCrossrefGarudaWorldCatBASEIndonesia OneSearchPKP INDEXING