IDENTIFIKASI BAKTERI Salmonella sp PADA TELUR AYAM RAS YANG DIJUAL DI PASAR WAGE PURWOKERTO SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MIKROBIOLOGI

Eti Wahyuningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, dan mengidentifikasi kontaminasi bakteri Salmonella Sp, dalam telur ayam ras yang dijual di Pasar Wage Purwokerto Kabupaten Banyumas sebagai pengembangan bahan ajar mikrobiologi. Sampel telur ayam ras dikumpulkan dari 15 penjual telur ayam ras di Pasar Wage Purwokerto. Total sampel adalah 30 sampel, dari 15  penjual telur ayam ras diambil 2 sampel telur ayam  ras. Dari sampel telur ayam ras yang digunakan yaitu cangkang dan kuning telur, sampel tersebut dihaluskan dengan menggunakan mortar dan dibuat suspensi untuk diisolasi, pada media selektif SSA (Salmonella Shigella Agar). Isolat yang tumbuh pada media tersebut diamati secara diskriptif pada masa inkubasi 2 x 24 jam yaitu; morfologi dan karakteristiknya, dengan proses biokimiawi dan pewarnaan gram.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 sampel, diidentifikasi ada 1 sampel dari cangkang dan kuning telur yang memberikan karakteristik tumbuh pada media SSA sebagai Salmonella sp.


Keywords


Pasar Wage, Purwokerto, Salmonella Sp, Egg

Full Text:

PDF

References


Afifah, N. (2013). Uji Salmonella-Shigella pada Telur Ayam yang Disimpan pada Suhu dan Waktu yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Edu Research, 2(1): 35-46.

Arisnawati, Y. dan A. Susanto. (2017). Identifikasi Bakteri Salmonella sp. pada Telur Ayam Ras (Studi di Pasar Pon Jombang). Jurnal Insan Cendekia, 5 (1): 33-39.

Buckle, K. A., R. A..Edward., G.H. Fleet dan M. Wooton. (1987). Ilmu Pangan. Indonesia. Jakarta: University Press.

Buckle, K. A., R. A. Edward, G. H. Fleet, dan M. Wootton. (2007). Ilmu Pangan. Diterjemahkan oleh Hari Purnomo dan Adiono. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner. (2007). Batas Maksimal Cemaran Mikroba dalam Bahan Makanan Asal Hewan (SNI No. 01-6366-2000). Didownload pada Mei 2018. www.ditjennak.go.id.

Long, M., Lai, H., Deng, W., Zhou, K., Li, B., Fan, L., Wang, H.,dan Zou, L. (2016). Disinfectant Susceptibillity of Different Salmonella Serotypes Isolated From Chicken and Egg Productin Chains. Journal of Apllied Microbiology. 121 (3): 672-681.

Momani., W.A., Janakat, S., dan Khatatbeh.M. (2018). Bacterial Contamination of Table Eggs Sold In Jordania Markets. Pakistan Journal of Nutrition. 17(1): 15-20.

Narumi, H.E., Zuhriansyah, dan Imam Mustifa. (2009). Deteksi Pencemaran Bakteri Salmonella Sp. Pada Udang Putih (Penaeus murguinesis) Segar di Pasar Tradisional Kotamadya Surabaya. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 1(1): 87-91.

Poernomo, S., (1994). Salmonella pada ayam di rumah potong ayam dan lingkungannya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Rahmawati, S., T. R. Setyawati, dan A. H. Yanti. (2014). Daya Simpan Kualitas Telur Ayam Ras Dilapisi Minyak Kelapa, Kapur Sirih dan Ekstrak Etanol Kelopak Rosella. Jurnal Protobiont, 3 (1): 55-60.

Ray, Bibek. (2004). Fundamental Food Microbiology. New York: CRC Press.

Siagian, A. (2002). Mikroba Patogen Pada Makanan dan Sumber Pencemarannya. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Didownload pada Mei 2018. www.library.usu.ac.id.

Wan, Z., Chen, Y., Pankraj, S,K., Keener., K.M. (2017). High Volatge Atmospheric Cold Plasma Treatment of Refrigerated Chicken Eggs for Control of Salmonella Enteritidis Contamination on Egg Shell. LWT-Food Science and Technology. 76(A): 124-130.

Wijaya, V. P. (2013). Daya Antibakteri Albumen Telur Ayam Kampung (Gallus Domesticus) dan Ayam Kate (Gallus Bantam) terhadap Spesies Bakteri Coliform Fekal pada Cangkang Telur. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (4): 365-374.




DOI: https://doi.org/10.34289/292827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING