PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS EKSPERIMEN MATERI ENZIM MIKROBA PADA BAHAN AJAR BIOTEKNOLOGI MIKROBA

Dwi Kameluh Agustina, Devita Sulistiana, Dian Puspita Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Eksperimen materi enzim mikroba yang valid untuk bahan ajar bioteknologi mikroba. Pengembangan Lembar Keja Mahasiswa (LKM) mneggunakan Model 4D memiliki 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop. Analisis data menggunakan statistic deskriptif untuk menentukan kriteria kevalidan sebuah produk yang dikumpulkan melalui lembar penilaian yang diisi oleh validator Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi kategori valid dengan nilai persentase 88,33%, validasi dari ahli media dengan persentase 85,83% dengan kategori valid dan ahli bahasa dengan persentase 76,67% dengan kategori valid dan uji keterbacaan oleh mahasiswa dengan nilai persentase 84,50% dengan kategori valid. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa LKM berbasis eksperimen materi enzim mikroba yang dikembangkan valid untuk bahan ajar bioteknologi mikroba.


Keywords


Eksperimen; Enzim; Mikroba

Full Text:

PDF

References


Dewi, N.R dan Arini, F.Y. (2018). Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA) I Semarang. 299-303.

Oktaviana, I., Sumitro, S. B., dan Lestari, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Karakterisasi Protein Membran Sperma pada Matakuliah Bioteknologi. Florea. 2 (2). 33-42.

Purnamasari, R. E dan Poedjiastoeti, Sri. (2013). Kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berorientasi Keterampilan Proses pada Materi Bahan Aditif Makanan untuk Siswa Tunarungu. Journal of Chemical Education. 2 (1) : 11-20.

Sari, D.A.P., Widodo, W., Martini dan Suyanto, T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Mata Kuliah Dasar-Dasar IPA Berbasis Model ALLR (Activity Based-Lesson Learn-Reflection) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pendidikan Karakter Calon Guru IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 3 (2). 58-66.




DOI: https://doi.org/10.34289/292829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Bioedusiana is Indexed by

 Indeks Dimensions Indeks Copernicus Indeks Google Scholar Sinta Crossref Garuda WorldCat BASE Indonesia OneSearch PKP INDEXING