EVALUASI KESESUAIAN LAHAN KERING UNTUK TANAMAN KEDELAI (Glycine Max. L.) DI KECAMATAN JAMANIS KABUPATEN TASIKMALAYA

Hendri Kartiana, Ida Hodiyah, Yanto Yulianto

Abstract


Tanaman kedelai (Glycine Max. L.) merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi sehingga perlu dilakukan pengembangan guna memperbaiki kualitas dan kuantitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan hasil lapangan dan uji laboratorium. Penelitian menggunakan metode pendekatan “the law of minimum†yaitu pendekatan untuk menentukan kelas kesesuaian berdasarkan faktor pembatas paling minimum, dengan cara mencocokan (matching) data tanah dan fisik lingkungan dengan kriteria tumbuh tanaman kedelai. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh lahan yang digunakan untuk kegiatan pertanian di Kecamatan Jamanis. Pengumpulan data dilakukan dengan mencocokan kualitas lahan dengan kriteria syarat tumbuh tanaman kedelai.

Hasil penelitian menunjukan kelas kesesuaian lahan untuk tanaman kedelai di Kecamatan Jamanis dari delapan desa masuk pada kelas S3 (sesuai marginal) dengan beberapa faktor pembatas diantaranya: P2O5, K2O, C-organik, drainase dan tekstur tanah. Sehingga perlu dilakukan upaya paerbaikan pada faktor pembatas tersebut guna meningkatkan kesesuaian lahan untuk menjadi S1 (sangat sesuai)

Keywords


Evaluasi, Lahan, Kedelai

Full Text:

PDF

References


Aldillah, R. 2012. Analisis Produksi dan Konsumsi Kedelai Nasional. Tesis Fakutas Petanian Bogor.

Atman. 2009. Strategi Peningkatan Produksi Kedelai Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Tambua.

Atman. 2009. Strategi Peningkatan Produksi Kedelai Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Tambua.

Budiyanto. 2014. Manajemen Sumberdaya Lahan. Lembaga Penelitian, Publikasi ndan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhamadiyah Yogyakarta

Cahyadi, W. 2005. Kedelai dalam Khasiat dan Teknologi. Cv Mughani Sejahtera. Bandung.

Hardjowigeno, S. 2007. Ilmu tanah. Akademi Pressindo, Jakarta. http://www.warintek.ristek.go.id/pert anian/kedelai.pdf. Diakses pada 6 Maret 2018.

Junita. 2013. Potensi pengembangan dan budidaya kedelai pada Lahan Suboptimal di Lampung. http://lampung.litbang.pertanian.go.i d/ind/ images/stories/publikasi/publikasi/ke delai_suboptimal.pdf. Diakses pada 23 Januari 2018.

Ritung, S., Nugroho, A. Mulyani dan E. Suryani. 2013. Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian. Bogor.

Ritung, S., Wahyunto, F. Agus, dan H. Hidayat. 2007. Panduan Evaluasi Kesesuaian Lahan dengan Contoh Peta Arahan Penggunaan Lahan Kabupaten Aceh Barat. Balai Penelitian Tanah dan World Agroforestry Centre (ICRAF


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Program Studi Magister Agroteknologi, Pascasarjana, Universitas Siliwangi

Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115

telp: (0265) 330634 | email: jacrops@unsil.ac.id