PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS

Siti Rohyati, Dian Permana Putri, Fuad Nasir

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan kelancaran prosedural matematis dalam meningkatkan kompetensi matematika siswa, untuk dapat memahami atau bahkan memecahkan masalah matematis. Hasil observasi dan wawancara menujukkan  kemampuan kelancaran prosedural matematis yang dimiliki siswa dari  kelas masih rendah. Empat siswa SMA Negeri 1 Subang mengatakan bahwa mereka kesulitan dalam memahami soal dan menentukan daerah himpunan dari grafik yang digambarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan kelancaran prosedural matematis dan perbedaan kemampuan kelancaran prosedural matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan model konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Dari  penelitian ini diperoleh besar pengaruh model PBL terhadap kemampuan kelancaran prosedural matematis sebesar , sedangkan  pengaruh dari faktor yang lain seperti suasana kelas yang kondusif dan jam pelajaran. Rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang didapat adalah  sedangkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah . Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model PBL terhadap kemampuan kelancaran prosedural matematis. Besar pengaruh model PBL terhadap kemampuan kelancaran prosedural matematis sebesar , sedangkan  dipengaruhi oleh faktor yang lain seperti, suasana kelas yang kondusif dan jam pelajaran. Terdapat perbedaan kemampuan kelancaran prosedural matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan model konvensional.

 

Kata Kunci: Model PBL, Kelancaran Prosedural Matematis


Full Text:

PDF

References


Kuncara A W, Sujadi I & Riyadi 2016 Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(3) 352-365

Retnawati H 2015 Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama dalam Menerapkan Kurikulum Baru Cakrawala Pendidikan 34(3) 390-403

Sholihah D A & Mahmudi A 2015 Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2(2) 175-185

Setyansah R K & Masfingatin T 2017 Procedural Fluency Mahasiswa Berkemampuan Tinggi pada Pembelajaran Aljabar Matriks Melalui Penggunaan Maple Jurnal Penelitian LPM IKIP PGRI Madiun 5(1) 29-36

Soebagyo J 2017 Profil Pembelajaran dalam Mengakomodasi Mathematical Proficiency Jurnal Euclid 3(2) 474-490

Haryandika U W, Utami C & Prihatiningtyas N C 2017 Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa pada Materi Persamaan Eksponen Kelas X SMA Negeri 2 Singkawang Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 2(2) 72-77

Larasati F A & Yunianta T N H 2017 Analisis Kelancaran Prosedural Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Operasi Aljabar JMP Online 1(10) 995-1006

Cahyaningsih U & Ghufron A 2016 Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Jurnal Pendidikan Karakter 6(1) 104-115

Sumartini T E 2015 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Pendidikan Matematika 5(1) 1-10

Abdurrozak R, Jayadinata A K & ‘Atun I 2016 Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Jurnal Pena Ilmiah 1(1) 871-880

Darlia Y, Nasriadi A & Fajri N 2018 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Materi Pecahan Kelas VII SMP Nurneracy 5(1) 102-118

Burns M K 2015 Using a Conceptual Understanding and Procedural Fluency Heuristic to Target Math Inteventions with Students in Early Elementary Learning Dsabilities Research and Practice 30(2) 52-60

Badjeber R & Mailili W H 2018 Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas SMP pada Materi Sistem Persamaan Liner Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif JPPM 11(2) 41-54

Laswadi 2016 Developing Conceptual Understanding and Procedural Fluency for Junior High School Students Trough Model Facilitated Learning (MFL) European Journal of Science and Mathematics Education 4(1) 67-74

Lestari K E, Yudhanegara M R 2017 Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis) (Bandung Indonesia: Refika Aditama)

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Sundayana R 2015 Statistika Penelitian Pendidikan (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Waspodo A A & Minadaniati L 2012 Pengaruh Kepuasan Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Organizational Citizensip Behavior (OCB) Karyawan pada PT Trubus Swadaya Depok Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 3(1) 1-16

Rduwan, Akdon 2008 Rumus dan Data dalam Analisis Statistika (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Halin H, Wijaya H & Yusilpi R 2017 Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver terhadap Nilai Penjualan pada CV, Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2005 Jurnal Ecoment Global 2(2) 49-56

Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung Indonesia: Alfabeta)

Sumartini T E 2015 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Pendidikan Matematika 5(1) 1-10

Purnomo Y W 2011 Efektivitas Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas SMP se-Sub Rayon 04 Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 (Thesis:Universitas Sebelas Maret)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal