INTERAKSI ANTARA PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA SMP

Warsito Warsito, Hairul Saleh, Sukirwan Sukirwan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki abstraksi matematis siswa berdasarkan interaksi pembelajaran matematika dan pengetahuan awal matematis (PAM). Pembelajaran matematika yang diterapkan terdiri dari pembelajaran matematika realistik melalui matematisasi progresif (PMR-MP) dan pembelajaran matematika biasa (PMB).  Sedangkan pengetahuan awal matematis yang diteliti terdiri dari PAM level tinggi, sedang, dan level rendah. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain non equavalen kontrol grup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kota Tangerang dan sampel yang digunakan adalah SMPN 2 Kota Tangerang sebagai Peringkat Sekolah (PS) level sedang dan SMPN 16 Kota Tangerang sebagai PS level rendah yang masing-masing PS diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang gunakan adalah tes abstraksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada interaksi antara pembelajaran (PMR-MP, PMB) dan PAM terhadap pencapaian abstraksi matematis; 2) ada interaksi antara pembelajaran (PMR-MP, PMB) dan PAM terhadap peningkatan abstraksi matematis.


Full Text:

PDF

References


Hershkowitz R, Schwarz B B & Dreyfus T 2001 Abstraction in Context: Epistemic Actions Jurnal for Research in Mathematics Education 32(2) 195-222

Hasanah F 2010 Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri melalui Penerapan Model van Hiele dan Geometers’ Sketchpad (Tesis Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan)

FerrariP 2003 Abstraction in Mathematics (Departimento di science e tecnologie Avanzate, universita delp Piemonte Orientale, corso T. borsalino 54, 15100 alessandria AL. Italy:The Royal Society)

Mitchelmore M C & White P 1995 Abstraction in mathematics: Conflict, resolution and application Mathematics Education Research Journal 7 50-68

Mithelmore M & White P 2007 Abstraction in Mathematics Learning Mathematics Education Journal 19(2) 1-9

Gravemeijer 1994 Developing Realistic Mathematics Education (Utrecht: Kluwer Academic Publishers)

Gravemeijer K 2011 How Concrete is Concrete Zulkardi (penyunting), Journal On Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 1-13

Kairudin & Darmawijoyo 2011 The Indonesian’s Road Transportations as The Contexs to Support Primary School Student Learning Number Operation Zulkardi (penyunting). Journal On Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 67-78

Treffers A 1987 Three dimensions: A model of goal and theory descriptions in mathematics instruction – the Wiskobas project (Dordrecht, the Netherlands: Kluwer)

Putten C M V, Petra A V D B & Beishuizen M 2005 Progressive Mathematization of Long Division Strategies in Dutch Primary Schools Journal for Research in Mathemamatics Education 36(1) 44-73

Wijaya A 2012 Pendidikan Matematika Realistik (Yogyakarta: Graha Ilmu)

Warsito D & Herman T 2018 Improving students’ mathematical representational ability throughRME-based progressive mathematization Journal of Physics: Conference Series 948

Leary M R 2008 Introduction to Behavioral Research Methods (Duke University: Pearson International Edition)

Fraenkel J & Wallen N 1993 How to Design and Evaluate Research in Education (New York: McGrawHill)

Ruseffendi H E T 2010 Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya (Bandung: Tarsito)

Hudojo H 1998 Mengajar Belajar Matematika (Jakarta: Depdikbud)

Kairudin & Darmawijoyo 2011The Indonesian’s Road Transportations as The Contexs to Support Primary School Student Learning Number Operation Zulkardi (penyunting), Journal On Mathematics Education (Indo MS-JME) 2(1) 67-78

Dochy F J R C 1996 Prior knowledge and learning Dalam Corte E D & Weinert F (eds.): International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology (New York: Pergamon)

Gardner H 1991 The unschooled mind: How Children think and how schools should teach (New York: Basic Books)

Tata 2015 Peningkatan Kemam puan Pemodelan dan Abstraksi Matematis Serta Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Konstekstual Kolaboratif (Disertasi UPI: Tidak Diterbitkan)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal