OPTIMIZING STUDENTS' MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING SKILLS THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING AND TEACHING AT THE RIGHT LEVEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui penerapan model Problem Based Learning yang dipadukan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas XI di SMKN 2 Indramayu, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk mengetahui adanya peningkatan berkelanjutan dalam proses pembelajaran, maka setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Dengan nilai rata-rata 84, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 67%, lebih tinggi dari kondisi pra siklus, namun belum mencapai indikator ketuntasan minimal sebesar 75%. Terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II, yaitu ketuntasan mencapai 84% dan nilai rata-rata 88, yang secara efektif melampaui target. Selain meningkatkan hasil belajar, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PBL dan TaRL dapat membantu siswa menjadi lebih terlibat, lebih terlibat, dan lebih mampu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matematika. Meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam penelitian ini, seperti durasi dua siklus dan fokus satu kelas, hasilnya menunjukkan harapan untuk lebih mendorong terciptanya pendekatan pendidikan matematika yang lebih efisien, fleksibel, dan berpusat pada siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, A., Widada, W., & Herawaty, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 84–92.
Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan matematik siswa smp pada materi statistika. Jurnal Cendekia, 4(1), 1–7.
Dharmayanti, A., & Wijaya, A. (2018). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA ( PMRI ) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(20), 1–9.
Dzahabiyyah, S. N., Gembong, S., & Nurnaningsih, D. R. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level ( TaRL ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 6 Madiun Pada Mata Pelajaran Matematika. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13685–13694. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13713
Hartinah, S., Suherman, S., & Syazali, M. (2019). Probing-Prompting Based on Ethnomathematics Learning Model : The Effect on Mathematical Communication Skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814. https://doi.org/https://doi.org/10.17478/jegys.57 4275
Hidayat, R., Siregar, E. Y., & Elindra, R. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA KEMAMPUAN. MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 114–120. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097–19104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9405
Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2).
Muna, A. R., Happy, N., & Amin, F. (2024). MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL ( TaRL ) BERBANTU LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD ). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–12.
Murdiani, M. (2018). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar menjumlahkan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2), 35–40. www.jurnalsagacious.net
Nst, M. B., Surya, E., & Khairani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 1533–1544. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2291
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Masruroh, M., Ayu, M. P., & Ummah, A. H. (2022). Tantangan Kurikulum 2013 Untuk Menghadapi Pembelajaran di Era Modern. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 104–113. https://ejournal.stitpn.ac.id/index. php/fondatia
Santoso, T. I., & Suasti, Y. (2024). Analisis Isi Buku Teks Geografi Kelas Xi Sma Kurikulum Merdeka Terbitan Erlangga Berdasarkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Geoedusains, 5(1), 14–29.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., & Purwati, H. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN GEOGEBRA. Jurnal Eksponen, 13(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.682
Sukmawati, D., Ayu, I., Ratna, M., & Hayati, L. (2025). Integrating Teaching at the Right Level with Problem-Based Learning to Enhance Mathematics Learning Outcomes. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 11(1), 1–17.
Sukmayanti, M. (2020). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/pjme.v5i1.2522
Tukan, A. G., Negoro, N., & Nurwoko, I. (2024). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM SOLVIN G DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 10(1), 65–76.
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v7i2.15326
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :