KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI

Maya Mulyani, Aripin Aripin, Ebih Abdul Rachim Arhasy

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi pembelajaran Heuristik dengan pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap kemampuan koneksi matematik peserta didik dan interaksinya terhadap kreativitas peserta didik pada materi Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian seluruh kelas X di SMA Al Muttaqin dan SMA Negeri 1 Tasikmalaya semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga jumlah sampel penelitian 120 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Tes berupa soal esai mengenai kemampuan koneksi matematika dan tes kreativitas. Uji analisis hipotesis yang digunakan adalah analisis varian dua arah dengan sel tidak sama. Dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran metakognitif pada strategi heuristik menghasilkan kemampuan koneksi matematik yang tidak lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran Investigasi atau sebaliknya, (2) Peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah, dan peserta didik yang memiliki kreativitas sedang mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki kreativitas rendah, (3) Pada peserta didik yang diberikan dengan pendekatan pembelajaran Metakognitif maupun Investigasi, peserta didik dengan kreativitas tinggi mempunyai kemampuan koneksi matematik yang lebih baik daripada peserta didik dengan kreativitas sedang maupun rendah, dan (4) Pada kategori tingkat kreativitas tinggi dan rendah, peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Metakognitif memiliki kemampuan koneksi matematik yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan Investigasi.


Full Text:

PDF

References


NCTM 2000 Principle and Standards for School Mathematic (Virginia: NCTM)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 54 tahun 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 22 tahun 2016

Davis & Watson R 2010 Strategi Pengajaran Kreatif T(heresia Aniek Setyowati Soetaryo 2011 Alih Bahasa Erlangga)

Rahmawati 2016 Hasil TIMSS 2015 Diagnosa Hasil untuk Perbaikan Mutu dan Peningkatan Capaian Makalah seminar Hasil Penilaian Pendidikan Untuk Kebijakan 14 Desember Jakarta

Kemendikbud 2016 Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan

Polya G 1973 How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Princeton University Press)

Brunning R H, Schraw G J & Ronning R R 1990 Cognitive Psychology and Instruction (United State of America: Merril, Prentice Hall, Inc)

Smith M J 2013 An Exploration of Metacognition and its Effect on Mathematical Performance in Differential Equations Journal of the Scholarship of Teaching and Learning 13(1) 100 – 111

Bounds M Q & McDonald 2009 The Group Investigation Teaching Model

Bell F 1978 Teaching and Learning Mathematics in Secondary School (Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Company Publishers)

Hodgson T 1995 “Connections as Problem-Solving Toolsâ€, dalam Connecting Mathematics across the Curriculum (House, P.A. dan Coxford, A.F (Ed). Reston, Virginia: NCTM)

Johnson K M & Litynsky C L 1995 Breathing Life into Mathematics, dalam Connecting Mathematics across the Curriculum (Editor: House, P.A. dan Coxford, A.F. Reston, Virginia: NCTM)

Evans J R 1991 Creative Thinking in the Decision and Management Sciences (Cincinnati: South-Western Publishing Co)

Haris R 1995 Introduction to Creative Thinking

Torrance E P 1969 Creativity What Research Says to the Teacher (Washington DC: National Education Association)

Sugiyono 2016 Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Gerald J C 2009 The Vee Diagram as a Problem Solving Strategy: Content Area Reading/Writing Implication National Forum Teacher Education Journal 19(3)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal