PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21

Sumiyati Sumiyati, Nurul Anriani, Yani Setiani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa powerpoint interaktif yang berbasis kompetensi abad 21 pada materi segiempat kelas VII SMP/MTs semester genap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall yang meliputi tujuh langkah pokok, yaitu: analisis kebutuhan, kemampuan peneliti sebagai pengembang, produk yang dikembangkan, konsep produk, pengembangan produk, uji ahli dan uji coba lapangan. Hasil penelitian produk media pembelajaran berupa powerpoint interaktif berbantuan iSpring Suite 8 yang berbasis kompetensi abad 21 pada materi segiempat di kelas VII SMP/MTs. Hasil uji kelayakan media pembelajaran ini diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil dari ahli media yaitu 87,5%, dari ahli materi 80,62%, dari ahli bahasa 82,69%, semua penilaian para ahli mencapai kategori sangat layak. Sedangkan kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari data angket penilaian guru matematika yang hasilnya didapat 77,5% mencapai kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan media interaktif pada pembelajaran matematika berupa powerpoint berbantuan iSpring Suite 8 yang berbasis kompetensi abad 21 pada materi segiempat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Crismono P C 2017 Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 4(2) 106-113

Gall M D & Borg W R 2003 Educational Research an Introduction (7th ed.) (Boston: Allyn & Bacon)

Lubis D S, Surya E, & Minarni A 2015 Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Paradikma 8(3)

Maryamah I, Anriani N & Fathurrohman M 2019 Pengembangan Bahan Ajar Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 3(1) 67–77

Mendiknas 2006 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2006 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika

Mustamid H 2015 Pengaruh Efektivitas Multimedia Pembelajaramn Macromedia Flash 8 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Komposis dan Invers Jurnal EduMa 4(1) 26-42

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta)

Wibowo E & Pratiwi D D 2018 Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan Jurnal Matematika 1(2) 147–156

Yulianti E, Zulkardi & Siroj R A 2010 Pengembangan Alat Peraga Menggunakan Rangkaian Listrik Seri-Paralel untuk Mengajarkan Logika Matematika di SMK Negeri 2 Palembang Jurnal Pendidikan Matematika 4(1)




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal