ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MENURUT TEORI JOHN DEWEY DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Neny Yunaeti, Ebih Ar Arhasy, Nani Ratnaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik menurut teori John Dewey ditinjau dari 3 gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif eksploratif. Subjek penelitian diambil sebanyak 3 siswa yang masing-masing mewakili 3 tipe gaya belajar. Teknik pengumpulan data metode think aloud. Instrumen yang digunakan meliputi peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes pemecahan masalah matematik, angket gaya belajar, dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan: kemampuan pemecahan masalah matematik materi perbandingan trigonometri peserta didik yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik memiliki kemampuan menyampaikan argumentasi verbal, mengidentifikasi fakta, melakukan perhitungan dalam menyelesaikan masalah, membandingkan jawaban yang didapat dengan perhitungan yang lain, dan memilih strategi yang tepat setelah melakukan percobaan strategi yang lain.


Full Text:

PDF

References


Arhasy E AR & Mulyani E 2017 Kontribusi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Software Maple Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Regulated Learning Mahasiswa Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan 3(1)

Kemendikbud 2013 Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Aljaberi N M 2015 University Students' Learning Styles And Their Ability To Solve Mathematical Problems International Journal of Business and Social Science 6(4)

Sundayana R 2016 Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Mosharaf 8(1)

NCTM 2000 Principles and Standards for School Mathematics (USA: The National Council of Teacher Mathematics inc)

Iswadi H 2016 http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230.

Ariansyah A 2017 Profil Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Bilangan Real Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Al Bayan Makassar (Tesis: Progam Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makasar)

Awaliyah F 2016 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sma Materi Trigonometri Dalam Pembelajaran Model Auditory Intellectually Repetition (Air) https://lib.unnes.ac.id/

Syaharuddin S 2016 Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto (Tesis: Progam Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Sebelas Maret, Surakarta)

Carson J 2007 A Problem With Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge The Mathematics Educator 17(2) https://www.researchgate.net/publication

Cahyani H & Setyawati R W 2017 Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika X 2016 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article

Sundayana R 2016 Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika Jurnal Mosharafa 8(1)

Jainuri M 2016 Kemampuan Pemecahan Masalah (Online) https://www.academia.edu

Rianto V M, Yusmin E, Nursangaji A 2017 Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey Pada Materi Trigonometri Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 6(7)

Andriani T, Suastika K & Sesanti N R 2017 Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X Tkj Smkn 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017 Jurnal Pi: Mathematics Education Journal http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) (Bandung: Alfabeta)

Susanto 2016 Mengidentifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Membuktikan Teorema- Teorema Kesebangunan Segitiga dengan Metode Think Aload Prosiding Seminar Nasional Unesa: ISBN978-602-449-023-2

Shafie A B, Janier J B & Ahmad W F B W 2009 Visual Learning in Application of Integration In International Visual Informatics Conference (pp. 832-843) (Springer, Berlin, Heidelberg)

Deporter B & Hernacki M 2015 Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Bandung: Kaifa)

Boneva D & Mihova E 2011 Learning Styles And Learning Preferences. Dyslang, Dyslexia & Additional Academic Language Learning Dyslang Module 8




DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
WebAnalytics Made Easy - StatCounter
Detail

Indexed by :

Moraref One Search BASE - Bielefeld Academich Search Engine DRJI Indexed Journal