EFEKTIVITAS METODE SPEED TEST DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui efektivitas metode speed test dengan menggunakan media Kahoot! pada materi dimensi tiga. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII MIPA 4 SMA N 3 Cilacap sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 5 SMA N 3 Cilacap sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes akhir dan data respon siswa. Instrumen utama penelitian yaitu tes/kuis melalui apikasi Kahoot! serta angket. Analisis data efektivitas media Kahoot! dengan statistika deskriptif kuantitatif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji rerata dengan independent t test dikarenakan kedua sampel tidak saling berkolerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, rata-rata tes akhir kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan dengan kelas kontrol, berdasarkan angket yang telah disebar mayoritas siswa kurang menyetujui keefektifan aplikasi Kahoot! sebagai media kuis interaktif.
Full Text:
PDFReferences
Susanto H, Rinaldi A & Novalia 2015 Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematka 6(2) 203-217 doi: 10.18907/jjsre.37.3_343_4
Jamun Y M 2018 Dampak Teknologi terhadap Pendidikan Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10(1) 48–52
Rahmawati F & Sugiman 2015 Komparasi Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII antara Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) dan Two Stay-Two Stray ( TS-TS ) Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 533–538
Sardjana A 2008 Materi Pokok Geometri Ruang (Jakarta: Universitas Terbuka)
Kereluik K, Mishra P, Fahnoe C & Terry L 2013 What Knowledge Is of Most Worth: Teacher Knowledge for 21st Century Learning Journal of Digital Learning in Theacher Education 29(4) 127–140 doi: 10.1080/21532974.2013.10784716
Rohmawati A 2015 Efektivitas Pembelajaran Jurnal Pendidikan Usia Dini 9( 1) 15–32
KBBI 2020 Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) [Online] Available at: http://kbbi.web.id/efektifitas [Diakses 26 Oktober 2020]
Asiah S 2016 Efektivitas Kinerja Guru TADBIR: Jurnal Managemen Pendidikan Islam 4(2) 1–11
Nasution M I P 2016 Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi 10(01) 1–14
Daryanes F & Ririen D 2020 Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa Journal of Natural Science and Integration 3(2) 172–186 doi: 10.24014/jnsi.v3i2.9283
Mahendra I W E, Jayantika I G A N T & Sulistyani N W R 2019 HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pndidikan Matematika 10(1) 93–101 doi: 10.26877/aks.v10i1.3772
Lisnani & Emmanuel G 2020 Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA JIPI (Jurnal IPA Pembelajaran IPA) 4(2) 155–167 doi: 10.24815/jipi.v4i2.16018
Dellos R 2015 Kahoot! A Digital Game Resource for Learning Internatonal Journal of Intructional Technology and Disance Learning 12(4) 49–52 doi: 10.13021/g8060p
Rofiyarti F & Sari A Y 2017 TIK untuk AUD: Penggunaan Platform ‘Kahoot!’ dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak Pedagoi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 3(3b) 164–172
Mulyadi M 2011 Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya Jurnal Studi Komumikasi dan Media 15(1) 127–138 doi: 10.31445/jskm.2011.150106
Mafruhah S, Sulistiani I R & Mustafida F 2019 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi (Kahoot) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAI Al-Maarif Singosari Malang VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam 4(7) 23–29
Syahrir S, Kusnadin K & Nurhayati N 2013 Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep dan Prinsip Materi Pokok Dimensi Tiga Siswa Kelas Xi SMK Keperawatan Yahya Bima Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram 1(1) 88–102 doi: 10.33394/j-ps.v1i1.522
Sari R 2012 Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Antara yang Memperoleh Tes Kecepatan (Speed Test) dengan Tes Kemampuan (Power Test) pada Bidang Studi Matematika (Thesis: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati)
Maulidah E, Syaf A H, Rachmawati T K & Sugilar H 2020 Berpikir kritis matematis dengan Kahoot Jurnal Analisa 6(1) 19–27 doi: 10.15575/ja.v6i1.8516
Ningrum G D K 2018 Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah dan Ilmu Pendidikan 9(1) 22–27 doi: 10.31932/ve.v9i1.32
Irwan I, Luthfi Z F & Waldi A 2019 Efektivitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes] PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 8(1) 95–104 doi: 10.21070/pedagogia.v8i1.1866
Irawati M 2018 Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Yogyakarta pada Pokok Bahasan Penyajian Data Dengan Menggunakan Aplikasi Kahoot (Thesis: Universitas Sanata Dharma)
Sari D P, Putra R W Y & Syazali M 2018 Pengaruh Metode Kuis Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri Jurnal Pendidikan Matematika 12(2) 63–72
Centauri B 2019 Efektivitas Kahoot! sebagai Media Pembelajaran Kuis Interaktif di SDN 7 Bukit Tunggal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi (SNPMT II) 124–133
DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i1.2340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME)
Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi no. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jarme@unsil.ac.id
e-ISSN: 2655-7762
Licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
StatCounter:
Detail
Indexed by :